Rancang Bangun Aplikasi Repository Perangkat Pembelajaran menggunakan Application Programming Interface (API) Kompresi Data

Putra, Wahyu Permana (2024) Rancang Bangun Aplikasi Repository Perangkat Pembelajaran menggunakan Application Programming Interface (API) Kompresi Data. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_6_WAHYU_PERMANA_PUTRA_19076077_275_2024.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Upaya dalam menciptakan suatu lingkungan pendidikan yang terintegrasi teknologi dapat dilakukan dengan implementasi teknologi pendidikan, salah satunya dengan melakukan manajemen dan penyimpanan dokumen perangkat pembelajaran secara digital atau dikenal dengan istilah repository. Studi kasus dilakukan pada Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dalam mengimplementasikan sistem repository perangkat pembelajaran sebagai solusi terkait proses transisi kurikulum dari Kurikulum 2013 menuju Kurikulum Merdeka. Sistem repository manajemen dan penyimpanan dokumen perangkat pembelajaran dikembangkan dengan metode Personal Extreme Programming (PXP) yang adaptif dan fleksibel. Sistem repository ini juga memanfaatkan API kompresi data dari layanan ilovepdf untuk mengoptimalkan kapasitas penyimpanan dokumen perangkat pembelajaran. Berdasarkan hasil pengujian kompresi data, menunjukkan bahwa sistem yang dikembangkan layak untuk digunakan dengan rata-rata efisiensi penyimpanan ruang sebesar 59.96%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSaputra, Hadi KurniaUNSPECIFIED
CorrectorMursyida, LativaUNSPECIFIED
CorrectorHadi, AhmaddulUNSPECIFIED
Subjects: T Technology > TI Technology Information, Computer
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektronika - S1
Depositing User: mrs Ridha Prima Adri
Date Deposited: 23 Jul 2024 02:15
Last Modified: 23 Jul 2024 02:15
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/52981

Actions (login required)

View Item View Item