Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis RME Terintegrasi Etnomatematika Jam Gadang untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar

Indriani, Elfi (2024) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis RME Terintegrasi Etnomatematika Jam Gadang untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar. Skripsi thesis, Program Pasca Sarjana FIP Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B.1_01_ELFI_INDRIANI_22124014_2024.pdf

Download (635kB) | Preview

Abstract

Hasil studi pendahuluan peserta didik kelas V di SD Negeri 01 Sungai Jariang, SD Negeri 03 Koto Tuo, dan SD Negeri 20 Pahambatan Balingka menunjukkan bahwa penggunaan perangkat pembelajaran berupa modul ajar yang diunduh dari internet, masih perlu direvisi lebih lanjut agar dapat disesuaikan dengan kebutuhan peserta didik. Penggunaan perangkat pembelajaran yang sudah tersedia menyebabkan terbatasnya perangkat pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis. Selain itu, perangkat pembelajaran yang tersedia belum mengintegrasikan konteks budaya yang dekat dengan lingkungan peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan perangkat pembelajaran berbasis RME terintegrasi ethnomatematika Jam Gadang pada topik bangun datar untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas V Sekolah Dasar. Penelitian ini dikembangkan menggunakan metode penelitian pengembangan dengan model Plomp. Tahapan penelitian yaitu preliminary research phase, prototyping phase, dan assessment phase. Subjek penelitian pengembangan sebagai berikut: 1) validator instrumen, 2) validator ahli (ahli materi, media, dan bahasa), 3) Peserta didik kelas V SD Negeri 03 Koto Tuo sebagai subjek uji coba tes berpikir kritis , SD Negeri 01 Sungai Jariang sebagai subjek di kelompok one to one dan small group dan SD Negeri 20 Pahambatan Balingka sebagai subjek dikelompok besar (field test). Sementara itu, penelitian ini berfokus pada pengembangan perangkat pembelajaran terintegrasi etnomatematika sebagai objek penelitian Dari penelitian ini telah dihasilkan modul ajar yang sangat valid dengan karakteristik kontekstual terintegrasi budaya Jam Gadang, penggunaan materi manipulatif dan visual, modul ajar berbasis RME, dan penggunaan bahasa sesuai aturan EBI. Hasil validasi modul ajar memenuhi kriteria sangat valid sebesar 3,6. Sementara itu, validasi LKPD memenuhi kriteria sangat valid sebesar 3,83 dengan karakteristik permasalahan yang disajikan dengan konteks Jam Gadang, aktivitas LKPD dan penyajian soal berbasis RME, bahasa sesuai atura EBI, dan desain yang konsisten dan menarik. Praktikalitas modul ajar memenuhi kriteria sangat praktis 92,86% dengan karakteristik modul ajar mengikuti langkah-langkah RME yang sistematis dan diintegrasikan dengan Jam Gadang. Selain itu, praktikalitas LKPD oleh siswa dan guru memenuhi kriteria sangat praktis 91,18% dan 95,85% dengan kemudahan penggunaan, LKPD berbasis RME dengan instruksi yang jelas, desain tata letak yang rapi, dan jenis huruf yang mudah dibaca. Ditinjau dari N-gain score diperoleh hasil 0,5102 dalam kategori sedang, yang berarti efektif. Berdasarkan temuan di atas dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran terintegrasi etnomatematika Jam Gadang sangat valid, sangat praktis, dan efektif

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorFauzan, AhmadUNSPECIFIED
CorrectorZainil, MelvaUNSPECIFIED
CorrectorGistituati, NurhizrahUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Perangkat Pembelajaran, Etnomatematika Jam Gadang, Kemampuan Berpikir Kritis
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Dasar-S2
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 22 Jul 2024 07:40
Last Modified: 22 Jul 2024 07:40
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/52965

Actions (login required)

View Item View Item