Efektivitas Media Gambar terhadap Penguasaan Hiragana Siswa SMK

Felisa, Fenny (2024) Efektivitas Media Gambar terhadap Penguasaan Hiragana Siswa SMK. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_10_FENNY_FELISA_19180030_3842_2024.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Hiragana adalah salah satu bagian penting dari pembelajaran bahasa Jepang di sekolah. Pembelajaran hiragana seion/dasar berjumlah 46 huruf. Setelah terjun dalam pelaksanaan praktek lapangan kependidikan di SMK Nasional padang pada Juli sampai Desember 2022, terdapat masih banyak para pelajar yang mengalami kesulitan dalam mempelajari hiragana dikarenakan jumlahnya yang banyak sehingga sulit untuk di hafal serta kurangnya variasi media pembelajaran. Media gambar menjadi salah satu media pembelajaran yang dapat membantu siswa mempelajari hiragana. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan kemungkinan efektivitas media gambar terhadap penguasaan hiragana siswa kelas XII SMK Nasional Padang. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif jenis eksperimen menggunakan “pre-eksperimental one-group pre-test-post-test design”. Jenis pengambilan sampel yang digunakan ialah “purposive sampling” yakni kelas XII OTP dengan jumlah 17 siswa. Berdasarkan hasil uji-t disimpulkan H1 diterima pada taraf signifikan 0,05 karena nilai sig< 0,05 (0,000<0,05) yang menunjukkan hasil dari pos-test lebih tinggi dibanding pre-test, sehingga terdapat efektivitas terhadap penggunaan media gambar dalam penguasaan hiragana.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorYulia, NovaUNSPECIFIED
CorrectorWikarya, Rahmi OktayoryUNSPECIFIED
CorrectorArni, RitaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: HIRAGANA, MEDIA GAMBAR
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Jepang - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 22 Jul 2024 09:09
Last Modified: 22 Jul 2024 09:09
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/52964

Actions (login required)

View Item View Item