Analisa Penerapan Keselamatan dan Kesehatan Kerja dengan Pendekatan Fault Tree Analysis di PT. Sumbar Calcium Pratama Kecamatan Lareh Sago Halaban Kabupaten Lima Puluh Kota Provinsi Sumatera Barat

Julianda, Rion (2024) Analisa Penerapan Keselamatan dan Kesehatan Kerja dengan Pendekatan Fault Tree Analysis di PT. Sumbar Calcium Pratama Kecamatan Lareh Sago Halaban Kabupaten Lima Puluh Kota Provinsi Sumatera Barat. Diploma thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_11_RION_JULIANDA_19080033_696_2024.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pengetahuan dan pemahaman tentang pentingnya penerapan K3 pada pelaksanaan pekerjaan di pertambangan belum sepenuhnya dimengerti oleh para pekerja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kecelakaan di PT. Sumbar Calcium Pratama dengan menghitung nilai Frequency Rate (FR), Severity Rate (SR) dan membangun pohon kesalahan dengan metode Fult Tree Analisys (FTA).Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kuantitatif yang mengacu pada penelitian terapan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan observasi lapangan, penyebaran angket, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dan data yang terkumpul, pengolahan data yang dilakukan peneliti dapat menjelaskan bahwa tingkat kecelakaan di PT. Sumbar Calcium Pratama mengalami penurunan setiap tahunnya. Hasil penelitian nilai Frequency Rate (FR) pada tahun 2020 dan 2021 adalah 21,19 jam dan 11,02 jam, Severity Rate (SR) pada tahun 2020 dan 2021 adalah 37,79 jam dan 0 jam. Dengan diketahui potensi sumber kecelakaan, menjadi dasar atau pondasi dalam membangun pohon kesalahan (Fault Tree).

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorFadhilah, FadhilahUNSPECIFIED
CorrectorHeriyadi, BambangUNSPECIFIED
CorrectorBurhamidar, Aulia HidayatUNSPECIFIED
Subjects: T Technology > TN Mining engineering. Metallurgy
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Pertambangan - D3
Depositing User: mrs Ridha Prima Adri
Date Deposited: 22 Jul 2024 02:37
Last Modified: 22 Jul 2024 02:37
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/52955

Actions (login required)

View Item View Item