Meningkatkan Kemampuan Berhitung Penjumlahan Bilangan Asli 1-100 Bagi Siswa Autisme kelas XII Melalui Media Smart Board di SLB Insan Mulia Payakumbuh

Yunisa, Fitriza (2024) Meningkatkan Kemampuan Berhitung Penjumlahan Bilangan Asli 1-100 Bagi Siswa Autisme kelas XII Melalui Media Smart Board di SLB Insan Mulia Payakumbuh. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_02_FITRIZA_YUNISA_20003014_3976.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan yang peneliti temukan di SLB Insan Mulia Payakumbuh, seorang siswa autism ringan kelas XII yang belum mampu berhitung penjumlahan bilangan asli 1 – 100. Berdasarkan permasalahan tersebut siswa perlu diberikan solusi berupa media untuk meningkatkan kemampuan berhitung bilangan asli sekaligus meningkatkan motivasi belajar siswa. Smart Board atau papan pintar adalah media dua dimensi berbentuk papan yang memberikan pesan kepada target dan mempermudah siswa dalam mengoperasikan penjumlahan dalam memahami konsep penjumlahan baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan berhitung penjumlahan bilangan asli bagi siswa autisme di kelas XII SLB Insan Mulia Payakumbuh setelah menggunakan media Smart Board. Jenis penelitian ini dalam bentuk Single Subject Researh (SSR) dengan desain A-B-A. Pada kondisi baseline (A1) dilaksanakan pengamatan sebanyak 3 kali pertemuan, kondisi intervensi (B) sebanyak 6 kali pertemuan dan kondisi baseline (A2) sebanyak 4 kali pertemuan. Pengamatan data dilakukan dengan teknik tes pembuatan menggunakan alat pengumpulan data berupa instrument tes dalam bentuk daftar checklist kemudian data dianalisis dengan teknik visual grafik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kondisi baseline (A1) diperoleh hasil 30%, 30%, 30%. Pada kondisi intervensi (B) diperoleh hasil 60%,70%, 60%, 80%, 80%, 80%, 80%. Sedangkan pada kondisi baseline (A2) diperoleh hasil 80%, 90%, 90%, 90%. Berdasarkan hasil analisis data , hasil penelitian menunjukkan kemampuan berhitung penjumlahan bilangan asli 1 – 100 pada siswa autism meningkat setelah menggunakan media Smart Board. Jadi dapat diambil kesimpulan bahwa media Smart Board efektif digunakan untuk meningkatkan kemampuan berhitung penjumalahan bilangan asli 1 -100 pada siswa autisme kelas XII SLB Insan Mulia Payakumbuh

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorDamri, DamriUNSPECIFIED
CorrectorSopandi, Asep AhmadUNSPECIFIED
CorrectorEfrina, ElsaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Berhitung Smart Board
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa - S1
Depositing User: Mrs. Melinda Febrianti, S.IP
Date Deposited: 18 Jul 2024 04:03
Last Modified: 18 Jul 2024 04:04
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/52929

Actions (login required)

View Item View Item