Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Budaya Sekolah di Gugus II Kecamatan Ampek Nagari Kabupaten Agam

Yulia, Rahmi (2024) Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Budaya Sekolah di Gugus II Kecamatan Ampek Nagari Kabupaten Agam. Masters thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img]
Preview
Text
B.1_01_RAHMI_YULIA_22124046_1438_2024.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini mendeskripsikan tentang Implementasi Pendidikan Karakter melalui budaya sekolah di Gugus II Kecamatan IV Ampek Nagari Kabupaten Agam. Implementasi Pendidikan Karakter melalui budaya sekolah tersebut melibatkan upaya untuk mengkaji bagaimana pendidikan karakter diintegrasikan dalam budaya sekolah. Tujuan penelitian ini yaitu: a) untuk mendeskripsikan implementasi pendidikan karakter melalui budaya sekolah di Gugus II Kecamatan Ampek Nagari Kabupaten Agam; b) untuk mengidentifikasi faktor pendukung dan penghambat dalam implementasi pendidikan karakter melalui budaya sekolah di Gugus II Kecamatan Ampek Nagari Kabupaten Agam; dan c) untuk mendeskripsikan hasil implementasi nilai-nilai pendidikan karakter melalui budaya sekolah di Gugus II Kecamatan Ampek Nagari Kabupaten Agam. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan analisis deskriptif. Data penelitian diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data tersebut diperoleh dari pihak-pihak yang dianggap mampu memberikan informasi secara maksimal terkait dengan implementasi pendidikan karakter melalui budaya sekolah terdiri atas kepala sekolah, guru, dan siswa. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Sedangkan uji keabsahan data dilakukan dengan meningkatkan ketekunan pengamatan dan triangulasi sumber data. Berdasarkan temuan dilapangan menunjukkan bahwa implementasi pendidikan karakter melalui budaya sekolah dilakukan dengan tiga ruang pengembangan yaitu: 1) kegiatan rutin; 2) kegiatan terprogram; dan 3) keteladanan. Faktor yang mempengaruhi berupa faktor pendukung terdiri dari komitmen dan dukungan sekolah, serta peran guru dan warga sekolah sedangkan faktor penghambat berupa sarana dan prasarana yang kurang memadai, problematika siswa, dan adanya tantangan dari luar. Hasil dari penerapan nilainilai pendidikan karakter melalui budaya sekolah dalam kategori baik, dimana siswa sudah mampu melaksanakan kegiatan secara terus menerus, namun masih terdapat beberapa siswa yang perlu bimbingan dalam pelaksanaan kegiatan budaya sekolah.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMiaz, YalvemaUNSPECIFIED
CorrectorHidayati, AbnaUNSPECIFIED
CorrectorMuhammadi, MuhammadiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: pendidikan karakter, budaya sekolah, sekolah dasar
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Dasar-S2
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 15 Jul 2024 07:58
Last Modified: 15 Jul 2024 07:58
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/52870

Actions (login required)

View Item View Item