Yulia, Rahmi
(2024)
Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Budaya Sekolah di Gugus II Kecamatan Ampek Nagari Kabupaten Agam.
Masters thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.
Abstract
Penelitian ini mendeskripsikan tentang Implementasi Pendidikan Karakter
melalui budaya sekolah di Gugus II Kecamatan IV Ampek Nagari Kabupaten
Agam. Implementasi Pendidikan Karakter melalui budaya sekolah tersebut
melibatkan upaya untuk mengkaji bagaimana pendidikan karakter diintegrasikan
dalam budaya sekolah. Tujuan penelitian ini yaitu: a) untuk mendeskripsikan
implementasi pendidikan karakter melalui budaya sekolah di Gugus II Kecamatan
Ampek Nagari Kabupaten Agam; b) untuk mengidentifikasi faktor pendukung
dan penghambat dalam implementasi pendidikan karakter melalui budaya sekolah
di Gugus II Kecamatan Ampek Nagari Kabupaten Agam; dan c) untuk
mendeskripsikan hasil implementasi nilai-nilai pendidikan karakter melalui
budaya sekolah di Gugus II Kecamatan Ampek Nagari Kabupaten Agam.
Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan analisis
deskriptif. Data penelitian diperoleh melalui observasi, wawancara, dan
dokumentasi. Data tersebut diperoleh dari pihak-pihak yang dianggap mampu
memberikan informasi secara maksimal terkait dengan implementasi pendidikan
karakter melalui budaya sekolah terdiri atas kepala sekolah, guru, dan siswa.
Analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data.
Sedangkan uji keabsahan data dilakukan dengan meningkatkan ketekunan
pengamatan dan triangulasi sumber data.
Berdasarkan temuan dilapangan menunjukkan bahwa implementasi
pendidikan karakter melalui budaya sekolah dilakukan dengan tiga ruang
pengembangan yaitu: 1) kegiatan rutin; 2) kegiatan terprogram; dan 3)
keteladanan. Faktor yang mempengaruhi berupa faktor pendukung terdiri dari
komitmen dan dukungan sekolah, serta peran guru dan warga sekolah sedangkan
faktor penghambat berupa sarana dan prasarana yang kurang memadai,
problematika siswa, dan adanya tantangan dari luar. Hasil dari penerapan nilainilai pendidikan karakter melalui budaya sekolah dalam kategori baik, dimana
siswa sudah mampu melaksanakan kegiatan secara terus menerus, namun masih
terdapat beberapa siswa yang perlu bimbingan dalam pelaksanaan kegiatan
budaya sekolah.
Actions (login required)
![View Item View Item](/style/images/action_view.png) |
View Item |