Kontribusi Kepemimpinan Moralis dan Budaya Organisasi Adhocracy Terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Lubuk Basung

Irawati, Irawati (2024) Kontribusi Kepemimpinan Moralis dan Budaya Organisasi Adhocracy Terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Lubuk Basung. Masters thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img]
Preview
Text
B.1_01_IRAWATI_22147021_1963_2024.pdf

Download (364kB) | Preview

Abstract

Fenomena yang ditemukan menunjukkan bahwa kinerja guru sekolah dasar negeri di kecamatan Lubuk Basung ini relatif masih rendah. Peneliti menduga bahwa kepemimpinan moralis dan budaya organisasi adhocracy mempengaruhi kinerja guru sekolah dasar negeri di Kecamatan Lubuk Basung. Oleh sebab itu diadakan penelitian untuk menguji kebenarannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan apakah kedua faktor kepemimpinan moralis dan budaya organisaasi adhocracy berkontribusi terhadap kinerja guru sekolah dasar negeri di Kecamatan Lubuk Basung. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah: 1) Kepemimpinan moralis berkontribusi terhadap kinerja guru, 2) Budaya organisasi adhocracy berkontribusi terhadap kinerja guru dan 3) Kepemimpinan moralis dan budaya organisasi adhocracy secara bersama-sama bekontribusi terhadap kinerja guru. Populasi penelitian adalah 300 orang guru sekolah dasar negeri Kecamatan Lubuk Basung. Penarikan sampel menggunakan teknik stratified proportional random sampling. Sampel yang terpilih sebanyak 90 orang. Untuk menguji hipotesis digunakan analisis teknik korelasi dan regresi. Pengumpulan data menggunakan angket yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Hasil analisis data menunjukkan bahwa: 1) Kepemimpinan moralis berkontribusi sebesar 22,1% terhadap kinerja guru, 2) Budaya organisasi adhocracy berkontribusi 19,7% terhadap kinerja guru dan 3) Kepemimpinan moralis dan budaya organisasi adhocracy bersama-sama berkontribusi secara sebesar 31,9% terhadap kinerja guru. Tingkat ketercapaian skor untuk ketiga variable ini (kinerja guru, Kepemimpinan moralis dan budaya organisasi adhocracy) berada pada kategori baik. Hasil Penelitian ini menunjukkan, bahwa Kepemimpinan moralis dan budaya organisasi adhocracy merupakan dua faktor yang perlu diterapkan oleh kepala sekolah untuk meningkatkan kinerja guru sekolah dasar negeri di Kecamatan Lubuk Basung

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorYahya, YahyaUNSPECIFIED
CorrectorRifma, RifmaUNSPECIFIED
CorrectorAnisah, AnisahUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kepemimpinan Moralis, Budaya Organisasi Adhocracy dan Kinerja Guru
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Administrasi Pendidikan-S2
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 15 Jul 2024 07:43
Last Modified: 15 Jul 2024 07:43
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/52869

Actions (login required)

View Item View Item