Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Realistic Mathematics Education (RME) Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik Kelas V SD.

Umi, Faridatul (2024) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Realistic Mathematics Education (RME) Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik Kelas V SD. Masters thesis, Pasca Sarjana.

[img]
Preview
Text
B1_7_01_FARIDATUL_UMI_19124013_3720_2024.pdf

Download (22MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh beberapa permasalahan yang ditemui pada awal penelitian. Hasil studi pendahuluan yang dilakukan di SDN Gugus I Kecamatan Pangkalan Koto Baru Kabupaten Lima Puluh Kota menunjukkan bahwa terdapat masalah dalam pembelajaran volume bangun ruang di kelas V SD. Peserta didik cenderung dikenalkan langsung dengan cara memberikan rumus tanpa melibatkan peserta didik untuk dapat aktif dalam menemukan konsepnya. Hal ini berpengaruh kepada kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik. Peserta didik hanya mampu menyelesaikan soal yang diberikan ketika dikenalkan guru pada pembelajaran hari itu. Ketika ditanya pada hari berikutnya peserta didik kebingungan bahkan ada yang sudah lupa dengan cara menyelesaikan masalah volume bangun ruang sesuai dengan materi yang telah dikenalkan guru. Hal tersebut yang mendasari terciptanya perangkat pembelajaran yang dapat membantu peserta didik menyelesaikan masalah volume bangun ruang yang dihubungkan dengan pengalaman peserta didik salah satunya melalui kegiatan yang terdapat di sekitar lingkungan peserta didik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk merancang perangkat pembelajaran berupa RPP dan LKPD berbasis Realistic Mathematics Education (RME) pada materi volume bangun ruang di kelas V SD yang valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan Plomp yang terdiri dari 3 fase penelitian yaitu yaituafase investigasiaawal (preliminary research), faseapengembangan atauapembuatan prototipe (development or prototypingphase), dan faseapenilaian (assesment phase). Subjek penelitian adalah peserta didik kelas V SDN 07 Pangkalan. Penelitian ini menghasilkan perangkat pembelajaran berupa RPP dan LKPD berbasis Realistic Mathematics Education(RME). Penelitian didukung dengan teknik pengumpulan data berupa analisis dokumen, observasi, wawancara, angket, dan tes. Analisis data dilakukan secara statistik deskriptif dan statistik parametrik. Hasil validasi menunjukkan perangkat pembelajaran berbasis RME valid yang terlihat dari aspek isi, bahasa, didaktik, penyajian, dan kegrafikan. Hasil uji coba juga menunjukan kategori sangat praktis yang terlihat dari segi kemudahan penggunaan, keterbacaan siswa dan ketersediaan waktu sehingga siswa dapat melakukan proses pembelajaran dengan baik menggunakan perangkat pembelajaran berbasis RME. Perangkat pembelajaran berbasis RME berdampak pada kemampuan pemecahan masalah peserta didik yang efektif. Hal ini terlihat dari perbandingan rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik yang menggunakan perangkat pembelajaran berbasis RME dengan yang tidak menggunakannya. Uji hipotesis menunjukan data kelas eksperimen lebih tinggi dari data kelas kontrol.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorYerizon, YerizonUNSPECIFIED
CorrectorBentri, AlwenUNSPECIFIED
CorrectorDesyandri, DesyandriUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: PEMBELAJARAN, PESERTA DIDIK, REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Dasar-S2
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 15 Jul 2024 07:42
Last Modified: 15 Jul 2024 07:42
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/52867

Actions (login required)

View Item View Item