Evaluasi Implementasi Program Gerakan Nasional Orangtua Baca Buku Terhadap Kemampuan Emergen Literasi Anak Usia Dini di Taman Kanak-kanak Asiyiyah I Bukittinggi.

Febrisia, Tasia (2024) Evaluasi Implementasi Program Gerakan Nasional Orangtua Baca Buku Terhadap Kemampuan Emergen Literasi Anak Usia Dini di Taman Kanak-kanak Asiyiyah I Bukittinggi. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_1_TASIA_FEBRISIA_18330048_2024.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Hasil wawancara dengan Dinas Pendidikan Kota Bukittinggi juga menyatakan bahwa minat baca masyarakat Kota Bukittinggi masih rendah. Berdasarkan hal tersenbut maka pemerintah Kota Bukittinngi mengambil kebijakkan untuk ikut melaksanakan program Grakkan Nasional Orangtua Baca Buku atau Gernas Baku yang di ikuti sekuruh Taman Kanak-kanak yang ada di Kota Bukittinggi termasuk Taman Kanak-kanak Aisyiyah I Bukittingi. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengevaluasi program Gernas Baku di Taman Kanak-kanak Aisyyiyah I Bukittinggi dari segi Conteks, Input, Proses dan Produk. Metode penelitian yang digunakan adalah Mix Methode dengan tipe Concurrent Embedded Strategy mengkombinasikan penggunaan metode kuantitatif dan kualitatif secara bersamaan, dalam metode ini ada metode primer dan sekunder dimana metode primer merupakan data utama dan data sekunder pendukung dari metode primer. Tekhnik pengumpulan data kuantitatif menggunakan Angket sedangkan untuk teknik pengumpulan data kualittif dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Pengujian kuantitatif dilakukan dengan persentase sederhana sedangkan pengujian data kualitatif dengan menggunakan triangulasi. Pada hasil penelitian ditemukan bahwa program gernas baku dapat meningkatkan perkembangan Emergen Literasi anak Taman Kanak-kanak TK Aisyiyah I Bukittinggi. Dari hasil wawancara juga ditemukan bahwa program Gernas Baku sangat efektif untuk meningkatkan Emergen Literasi Anak Usia Dini Berdasarkan hasil penelitian di atas dapat di simpulkan bahwa konteks dari program Gernas Baku masih terdapat kekurangan dimana regulasi dari Perwako untuk pelaksanaan program Gernas Baku tidak ada dan hanya meneruskan himbauan dari Pemerintah pusat. Masukkan yang diberikan pada orang tua sudah bagus hanya saja kurang maksimal dalam pelaksanaannya, proses pelaksanaan program Gernas Baku dalam meningkatkan Emergen Literasi anak sudah berjalan sangat baik dimana adanya kerjasama yang baik antara sekolah dan orangtua dalam mengembangakn Emergen Literasi anak. produk dari program Gernas Baku ini adalah berkembangnya kemampuan Emergen Literasi anak usia dini di Taman Kanak-kanak Aisyiyah I Kota Bukittinggi dan layak untuk dilanjutkan dan disebarkan kepada sekolah Tman-KanakKanak yang ada di Kota Bukittinggi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorHadiyanto, HadiyantoUNSPECIFIED
CorrectorSuryana, DadanUNSPECIFIED
CorrectorYaswinda, YaswindaUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini-S2
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 15 Jul 2024 02:14
Last Modified: 15 Jul 2024 02:14
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/52853

Actions (login required)

View Item View Item