Pengaruh Model Assurance, Relevance, Interest, Assessment, and Satisfaction (ARIAS) Terhadap Self Efficacy dan High Order Thinking Skill di Kelas IV Sekolah Dasar

Indriyani, Novalina (2024) Pengaruh Model Assurance, Relevance, Interest, Assessment, and Satisfaction (ARIAS) Terhadap Self Efficacy dan High Order Thinking Skill di Kelas IV Sekolah Dasar. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_1_Novalina_Indriyani_22124042_3573_2024.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya self efficacy dan high order thinking skill peserta didik pada pembelajaran IPAS. Hal ini disebabkan oleh kurang sesuainya model pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model Assurance, Relevance, Interest, Assessment, and Satisfaction (ARIAS) terhadap self efficacy dan high order thinking skill di kelas IV sekolah dasar. Jenis penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimental dengan menggunakan Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian yaitu peserta didik kelas IV Sekolah Dasar di Gugus VI Kecamatan Koto Tangah, Kota Padang yang terdaftar pada tahun ajaran 2023/2024. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu Simple Random Sampling diperoleh kelas IVA sebagai kelas eksperimen dan kelas IVB sebagai kelas kontrol di SD Negeri 28 Padang Sarai. Instrumen penelitian ini yaitu angket dan tes. Angket digunakan untuk untuk melihat self efficacy peserta didik dan tes digunakan untuk melihat higher order thinking skills peserta didik. Teknik analisis data menggunakan uji prasyarat berupa uji normalitas dan homogenitas, hipotesis satu dan dua menggunakan uji t, serta hipotesis ketiga menggunakan uji korelasi. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh: (1) Nilai signifikansi Sig. Sebesar 0,000 < 0,05 maka sesuai dengan dasar pengambilan keputusan diperoleh bahwa H0 ditolak dan H1 diterima yang artinya self efficacy peserta didik pada pembelajaran IPAS yang dibelajarkan dengan model pembelajaran ARIAS lebih tinggi secara signifikan dibandingkan pembelajaran konvensional. (2) Nilai signifikansi Sig. Sebesar 0,000 < 0,05 maka sesuai dengan dasar pengambilan keputusan diperoleh bahwa H0 ditolak dan H1 diterima yang artinya higher order thinking skills peserta didik pada pembelajaran IPAS yang dibelajarkan dengan model pembelajaran ARIAS lebih tinggi secara signifikan dibandingkan pembelajaran konvensional. (3) Terdapat hubungan antara self efficacy dengan higher order thinking skills peserta didik menggunakan model pembelajaran ARIAS yang dibuktikan dengan hasil uji korelasi pearson diperoleh nilai sig. (2- tailed) 0,000 < 0,05 dengan nilai koefisien korelasi yang diperoleh 0,633 yang bernilai positif. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang kuat dan searah antara self efficacy dengan higher order thinking skills peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran ARIAS terhadap self efficacy dengan higher order thinking skills peserta didik pada pembelajaran IPAS di kelas IV Sekolah Dasar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorFitria, YantiUNSPECIFIED
CorrectorDarmansyah, DarmansyahUNSPECIFIED
CorrectorZainil, MelvaUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Dasar-S2
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 15 Jul 2024 02:13
Last Modified: 15 Jul 2024 02:13
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/52852

Actions (login required)

View Item View Item