Tindak Tutur Ekspresif Gurudan Strategi Bertutur Guru dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas IX di SMP N 9 Padang

Vanessa, Sofina (2024) Tindak Tutur Ekspresif Gurudan Strategi Bertutur Guru dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas IX di SMP N 9 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_1_SOFINA_VANESSA_19016196_1924_2024.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini ada dua. Pertama, mendeskripsikan apa saja bentuk tindak tutur ekspresif yang digunakan oleh guru bahasa Indonesia dalam proses belajar mengajar di Kelas IX di SMP N 9 Padang. Kedua, mendeskripsikan apa saja strategi bertutur guru bahasa Indonesia dalam proses belajar mengajar di Kelas IX di SMP N 9 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Data dalam penelitian ini adalah kalimat-kalimat berupa bentuk dan strategi tindak tutur ekspresif guru bahasa Indonesia Kelas IX di SMP N 9 Padang dalam proses belajar mengajar. Sumber data penelitian ini adalah seluruh tuturan salah seorang guru bahasa Indonesia saat proses belajar mengajar dari awal sampai akhir pembelajaran. Data tersebut berupa rekaman yang akan ditranskripkan ke dalam bentuk tulisan. Subjek penelitian ini adalah guru mata pelajaran bahasa Indonesia yang mengajar di Kelas IX di SMP N 9 Padang. Instrumen penelitian ini adalah penulis sendiri. Penelitian ini menggunakan alat bantu dalam pelaksanaannya berupa alat perekam (handphone),alat tulis, dan lembar pengamatan. Teknik pengumpulan data yang digunakan penulis adalah observasi partisipasi pasif. Teknik pengabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teknik traingulasi. Hasil penelitian ini ada dua. Pertama, bentuk tindak tutur ekspresif guru dalam pembelajaran bahasa Indonesia Kelas IX di SMP N 9 Padang ada lima, (1) tindak tutur ekspresif memuji, (2) tindak tutur ekspresif mengucapkan terima kasih, (3) tindak tutur ekspresif mengkritik, (4) tindak tutur ekspresif menyalahkan, dan (5) tindak tutur ekspresif meminta maaf. Kedua, strategi bertutur guru dalam pembelajaran bahasa Indonesia kelas IX di SMP ada empat, (1) strategi bertutur terus terang tanpa basa-basi, (2) strategi bertutur terus terang dengan basa-basi kesantunan positif, (3) strategi bertutur terus terang dengan basa-basi kesantunan negatif, dan (4) strategi bertutur samar-samar. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa terdapat lima bentuk tindak tutur ekspresif guru dalam pembelajaran bahasa Indonesia Kelas IX di SMP N 9 Padang, dan juga terdapat empat strategi bertutur guru dalam pembelajaran bahasa Indonesia Kelas IX di SMP N 9 Padang

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorEmidar, EmidarUNSPECIFIED
CorrectorArief, ErmawatiUNSPECIFIED
CorrectorTressyalina, TressyalinaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: TINDAK TUTUR EKSPRESIF DAN STRATEGI BERTUTUR GURU
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 10 Jul 2024 03:24
Last Modified: 10 Jul 2024 03:24
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/52804

Actions (login required)

View Item View Item