Tinjauan Daya Dukung Fondasi Konstruksi Jaring Rusuk Beton Pasak Vertikal (KJRBPV) Sebagai Fondasi Rakit (Studi Kasus: Pembangunan Pusat Informasi dan Perpustakaan Universitas Negeri Padang)

Gemilang, Faskal (2024) Tinjauan Daya Dukung Fondasi Konstruksi Jaring Rusuk Beton Pasak Vertikal (KJRBPV) Sebagai Fondasi Rakit (Studi Kasus: Pembangunan Pusat Informasi dan Perpustakaan Universitas Negeri Padang). Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_02_FASKAL_GEMILANG_20062017_3689_2024.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Fondasi KJRBPV merupakan pengembangan dari fondasi konstruksi sarang laba laba (KSLL) yang telah dikembangkan sebelumnya oleh Ir. Ryantori dan Ir. Sutjipto pada tahun 1976. Fondasi KSLL sendiri merupakan pengembangan dari bentuk fondasi raft atau rakit yang terdiri dari pelat, rib-rib. Fondasi KJRBPV memiliki hak paten yang menyebabkan semua rincian mengenai perhitungan KJRBPV tidak diketahui insinyur sipil pada umumnya dan hanya diketahui oleh pencipta fondasi KJRBPV itu sendiri. Pada Proyek Pembangunan Pusat Informasi dan Perpustakaan Universitas Negeri Padang penulis melihat perencanaan menggunakan fondasi Konstruksi Jaring Rusuk Beton Pasak Verikal (KJRBPV) Berdasarkan hal tersebut, tujuan Proyek Akhir ini adalah untuk mengetahui daya dukung fondasi KJRBPV bila menggunakan metode Terzaghi dan Mayerhoff. Jenis metode yang digunakan pada proyek akhir ini adalah studi kasus dengan melakukan tinjauan daya dukung dengan menggunakan metode Terzaghi dan metode Mayerhorf serta berdasarkan hasil data uji tanah. Selain itu terdapat data yang berupa Uji Standar Penetration Test (SPT) serta hasil uji sondir yang didapatkan dari hasil labotarium uji tanah. Berdasarkan perhitungan dan tinjauan daya dukung fondasi KJRBPV yang telah dilakukan dapat disimpulkan pada proyek diperoleh nilai tegangan ijin (qa) berdasarkan hasil uji boring dengan metode Terzaghi sebesar Bor I 494,14 kN/m2, Bor II 494,14 kN/m2, Bor III 3415,65 kN/m2. berdasarkan hasil uji sondir dengan metode Terzaghi sebesar Titik Sondir I & II 1026,60 kN/m2. Nilai tegangan ijin (qa) berdasarkan hasil uji boring dengan metode Mayerhof sebesar Bor I 544,33 kN/m2, Bor II 544,33 kN/m2, Bor III 5120,58 kN/m2. Berdasarkan hasil uji sondir dengan metode Mayerhof sebesar Titik Sondir I & II 1272,7 kN/m2.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorYusmar, FajriUNSPECIFIED
CorrectorM. Giatman, M. GiatmanUNSPECIFIED
CorrectorOktaviani, OktavianiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: DAYA DUKUNG FONDASI, FONDASI RAKIT
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil dan Bangunan - D3
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 09 Jul 2024 03:23
Last Modified: 09 Jul 2024 03:24
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/52770

Actions (login required)

View Item View Item