Gumilang, Galang Ma’ruf
(2024)
Media Pembelajaran Berbasis Video pada Mata Kuliah BIM
(Building Information Modeling).
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Permasalahan yang ada pada Mata Kuliah BIM (Building Information Modeling) adalah mata kuliah BIM (Building Information Modeling) merupakan mata kuliah baru sehingga mahasiswa belum maksimal dalam memahami pembelajaran BIM, kurangnya waktu dalam proses belajar mengajar pada mata kuliah BIM (Building Information Modeling), perangkat dan aplikasi pembelajaran yang belum memadai sehingga mahasiswa belum maksimal dalam memahami pembelajaran BIM (Building Information Modeling). Tujuan dari penitian ini adalah untuk menghasilkan sebuah produk media pembelajaran berbasis video tutorial yang layak digunakan pada Mata Kuliah BIM. Metode penelitian pada penelitian ini adalah metode Research and Development (R&D). subjek dalam penelitian ini adalah validator ahli yaitu 3 ahli materi dan 3 ahli media. Mahasiswa Prodi Pendidikan Teknik Bangunan yang telah mengambil Mata Kuliah BIM sebanyak 16 orang. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, diperoleh hasil penilaian produk oleh ahli materi 1 dengan skor 4,28 dengan kategori sangat baik, penilaian oleh ahli materi 2 dengan skor 3,85 dengan kategori baik, dan penilaian ahli materi 3 dengan skor 4,23 dengan kategori sangat baik. Selanjutnya penilaian produk oleh ahli media 1 dengan skor 4,0 dengan kategori baik, penilaian ahli media 2 dengan skor 4,04 degan kategori baik, dan penilaian oleh ahli media 3 dengan skor 3,90 dengan kategori baik. Penilaian berdasarkan uji coba pada mahasiswa mendapat skor sebesar 78,68% dengan kategori praktis dan produk media pembelajaran layak digunakan pada proses pembelajaran pada Mata Kuliah BIM (Building Information Modeling) sesuai dengan hasil uji coba kelayakan yang telah dilakukan.
Actions (login required)
|
View Item |