Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Video Tutorial Pada Mata Pelajaran Aplikasi Perangkat Lunak dan Perancangan Interior Gedung di SMK Negeri 1 Sumatera Barat

Juniari, Silvia Andra (2024) Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Video Tutorial Pada Mata Pelajaran Aplikasi Perangkat Lunak dan Perancangan Interior Gedung di SMK Negeri 1 Sumatera Barat. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_1_SILVIA_ANDRA_JUNIARTI_19061019_2098_2024.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang ditemui yaitu belum adanya penggunaan media dalam proses pembelajaran Aplikasi Perangkat Lunak dan Perancangan Interior Gedung. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian dan pengembangan (R&D) atau Research and development. Model pengembangan ini mengacu pada model pengembangan (DDD-E) dengan 4 tahapan yaitu Decide, Design, Development, Evaluate. Subjek penelitian ini yaitu ahli media, ahli materi dan peserta didik kelas XII Kompetensi Keahlian Desain Permodelan dan Informasi Bangunan SMK Negeri 1 Sumatera Barat sebanyak 30 orang siswa. Instrument penelitian ini berupa lembar validasi untuk mendapatkan data validasi produk, dan angket responden siswa untuk mendapatkann hasil uji praktikalitas produk. Hasil penelitian menunjukkan bahwa validitas materi berada dalam kategori sangat valid dengan tingkat pencapaian 88,4%. Validitas media dengan tingkat pencapaian 90,65% dalam kategori sangat valid dan uji praktikalitas dengan tingkat pencapaian 89,53% dengan kategori dangat praktis. Kesimpulan pada penelitian ini adalah media pembelajaran yang dikembangkan valid dangan praktis untuk digunakan pada proses pembelajaran Aplikasi Perangkat Lunak dan Perancangan Interior Gedung kelas XII Kompetensi Keahlian Desain Permodelan dan Informasi Bangunan SMK Negeri 1 Sumatera Barat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorYustisia, HennyUNSPECIFIED
CorrectorGusmareta, YuwalitasUNSPECIFIED
CorrectorArbi, YaumalUNSPECIFIED
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 04 Jul 2024 07:55
Last Modified: 05 Jul 2024 03:22
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/52729

Actions (login required)

View Item View Item