Humairah, Lathifah (2024) Hubungan Interpersonal Guru-siswa dan Kaitannya dengan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
|
Text
B1_5_LATHIFAH_HUMAIRAH_19006090_2100_2024.pdf Download (4MB) | Preview |
Abstract
i belajar yang rendah. Diduga faktor yang memengaruhi motivasi belajar siswa adalah rendahnya hubungan interpersonal guru-siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) hubungan interpersonal guru-siswa, (2) motivasi belajar siswa, serta (3) menguji hubungan interpersonal guru-siswa dan kaitannya dengan motivasi belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif korelasional. Populasi penelitian ini sebanyak 700 siswa yang terdaftar di SMA Negeri 4 Payakumbuh pada semester Juli-Desember Tahun ajaran 2023/2024. Sampel berjumlah 254 siswa yang dipilih dengan teknik stratified random sampling. Instrumen yang digunakan adalah “Daftar Isian Hubungan Interpersonal Guru-Siswa” dan “Daftar Isian Motivasi Belajar Siswa” dengan menggunakan skala likert. Data dianalisis dengan teknik deskriptif korelasional Pearson Product Moment. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa hubungan interpersonal guru-siswa pada umumnya berada pada kategori sedang, sedangkan motivasi belajar pada umumnya berada pada kategori sedang, selain itu terdapat hubungan positif yang signifikan antara hubungan interpersonal guru-siswa dan kaitannya dengan motivasi belajar siswa. Implikasi penelitian ini bagi bimbingan dan konseling dapat dilakukan dengan pemberian layanan informasi.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > L Education (General) |
||||||||||||
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling - S1 | ||||||||||||
Depositing User: | Mrs. Dina Aulia Sari | ||||||||||||
Date Deposited: | 04 Jul 2024 03:03 | ||||||||||||
Last Modified: | 04 Jul 2024 03:04 | ||||||||||||
URI: | http://repository.unp.ac.id/id/eprint/52721 |
Actions (login required)
View Item |