Pengaruh Penggunaan Alat Permainan Edukatif Papan Alur dalam Peningkatan Kemampuan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun di PAUD Al Jadid

Ningsih, Aulia Fitri (2024) Pengaruh Penggunaan Alat Permainan Edukatif Papan Alur dalam Peningkatan Kemampuan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun di PAUD Al Jadid. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_4_Aulia_Fitri_Ningsih_19005050_1965_2024.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya tingkat kemampuan kognitif anak usia 5-6 tahun di PAUD Al Jadid. Rendahnya kemampuan kognitif anak diduga disebabkan oleh kurangnya media pembelajaran yang dapat mengakibatkan kurangnya penerimaan pengetahuan dan informasi baru oleh anak. Dari sekian banyak faktor diduga fasilitas/media pembelajaran yang kurang menarik menjadi faktor utama. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan kognitif pada anak melalui APE papan alur. Jenis penelitian adalah kuantitatif dengan metode eksperimen dengan tujuan mengungkapkan pengaruh penggunaan APE papan alur dalam peningkatan kognitif anak usia dini. Peneliti menggunakan one group pre-test post-test sebagai desain penelitian. Sampel penelitian diambil dari keseluruhan populasi. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampling jenuh, peneliti mengambil semua anggota populasi sebagai sampel. Analisa data menggunakan uji paired sampel t-test. Dari hasil pengumpulan dan pengolahan data yang dilakukan maka dapat disimpulkan, Sebelum diberi tindakan (pretest) kemampuan kognitif anak dikategorikan belum berkembang, Sesudah diberi tindakan (posttest) kemampuan kognitif anak dikategorikan berkembang sesuai harapan, terdapat pengaruh yang signifikan pada media papinka terhadap meningkatkan kemampuan kognitif. Saran dalam penelitian ini diharapkan pendidik bisa menghadirkan inovasi dalam proses pembelajaran yang dapat meningkatkan kognitif anak melalui media pembelajaran dan menciptakan lingkungan pembelajaran yang efektif dan efisien.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSetiawati, SetiawatiUNSPECIFIED
CorrectorJamaris, JamarisUNSPECIFIED
CorrectorSunarti, VeviUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Non Formal (S1)
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 03 Jul 2024 07:10
Last Modified: 03 Jul 2024 07:10
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/52708

Actions (login required)

View Item View Item