Korelasi Keterampilan Membaca Pemahaman dengan Keterampilan Monulis Teks Fantasi Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Harau

M. Angger, M. Angger (2024) Korelasi Keterampilan Membaca Pemahaman dengan Keterampilan Monulis Teks Fantasi Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Harau. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_1_M_ANGGER_19016100_2674_2024.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan hal-hal sebagai berikut. Pertama, mendeskripsikan keterampilan membaca pemahaman siswa kelas VII SMP Negeri 1 Harau. Kedua, mendeskripsikan keterampilan menulis teks fantasi siswa kelas VII SMP Negeri 1 Harau. Ketiga, menjelaskan korelasi keterampilan membaca pemahaman dengan keterampilan menulis teks fantasi siswa kelas VII SMP Negeri 1 Harau. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode deskriptif. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain korelasional. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Harau yang terdaftar pada tahun ajaran 2023/2024, yaitu sebanyak 262 siswa. Sampel dalam penelitian ini ditentukan dengan proportional random sampling, yaitu 50 orang siswa. Variabel dalam penelitian ini ada dua, yaitu keterampilan membaca pemahaman sebagai variabel bebas dan keterampilan menulis teks fantasi sebagai variabel terikat. Data penelitian ini berupa skor hasil tes keterampilan membaca pemahaman dan skor hasil tes keterampilan menulis teks fantasi. Data tersebut diperoleh melalui dua jenis tes yaitu tes objektif untuk mengukur keterampilan membaca pemahaman dan tes unjuk kerja untuk mengukur keterampilan menulis teks fantasi. Hasil penelitian ini ada tiga. Pertama, keterampilan menulis teks fantasi siswa kelas VII SMP Negeri 1 Harau berada pada kualifikasi Baik (B). Kedua, keterampilan membaca pemahaman siswa kelas VII SMP Negeri 1 Harau berada pada kualifikasi Baik (B). Ketiga, keterampilan membaca pemahaman memiliki korelasi dengan keterampilan menulis teks fantasi siswa kelas VII SMP Negeri 1 Harau dengan derajat kebebasan n-1 pada taraf kepercayaan 95% Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa keterampilan membaca pemahaman diperlukan untuk menunjang keterampilan menulis teks fantasi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSyahrul R, Syahrul RUNSPECIFIED
CorrectorTamsin, Andria CatriUNSPECIFIED
CorrectorRasyid, YuliantiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: KORELASI KETERAMPILAN MEMBACA
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 02 Jul 2024 09:41
Last Modified: 02 Jul 2024 09:41
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/52704

Actions (login required)

View Item View Item