Media Edukasi Tari Piring Minangkabau dalam Fotografi.

Desyanti, Puteri Tsamarah (2024) Media Edukasi Tari Piring Minangkabau dalam Fotografi. Skripsi thesis, Fakultas Bahasa dan Seni.

[img]
Preview
Text
B1_9_PUTERI_ TSAMARAH_ 18027145_2700_2024.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Tari Piring merupakan sebuah seni tari dari warisan budaya suku Minangkabau di Sumatera Barat. Perancangan media edukasi Tari Piring ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran sebagai tambahan studi literatur terkait Tari Piring Minangkabau dalam fotografi. Permasalahan yang ditemui adalah kurangnya media pembelajaran Tari Piring yang memuat terkait gerakan – gerakan tradisi serta arti yang ada pada gerakan tersebut berbasis cetak. Untuk menemukan solusi dari permasalahan tersebut, digunakan metode 4D (Define, Design, Develop, dan Disseminate). Metode ini diawali dengan mendefinisikan masalah melalui analisis dan pengolahan data, dilanjutkan dengan perancangan media, pengembangan rancangan awal hingga tahap penyebaran. Berdasarkan hasil uji kelayakan yang sudah dilakukan terhadap pelajar dan masyarakat rentang usia 12-30 tahun, media edukasi ini sudah baik dengan hasil 81,96% dilihat dari segi desain maupun konten yang ditampilkan dan banyaknya respon positif yang didapatkan. Adanya perancangan ini akan menghasilkan sebuah media edukasi yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran dan tambahan studi literatur serta penunjang pelestarian warisan budaya lokal yang berisikan rangkuman sejarah, peragaan gerak tradisi Tari Piring dan informasi lainnya dengan dirancangnya juga beberapa media pendukung seperti motion graphic, poster, roll banner, photocard, kalender, tumbler dan stiker.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAulia, FauzanUNSPECIFIED
CorrectorFaisal, FaisalUNSPECIFIED
CorrectorZaim M., Rifqi AuliaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: TARI PIRING, SUKU MINANGKABAU, MEDIA EDUKASI
Subjects: L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
M Music and Books on Music > ML Literature of music
N Fine Arts > NX Arts in general
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Desain Komunikasi Visual - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 28 Jun 2024 03:40
Last Modified: 28 Jun 2024 03:40
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/52695

Actions (login required)

View Item View Item