Pengembangan Modul Rumus Kimia, Tata Nama Senyawa dan Persamaan Reaksi Terintegrasi Etnosains Untuk Fase E SMA/MA

Azzahra, Raihana (2024) Pengembangan Modul Rumus Kimia, Tata Nama Senyawa dan Persamaan Reaksi Terintegrasi Etnosains Untuk Fase E SMA/MA. Skripsi thesis, Fakultas Matematika & Ilmu Pengetahuan Alam.

[img]
Preview
Text
B.1_07_RAIHANA_AZZAHRA_18035074_3240_2024.pdf

Download (335kB) | Preview

Abstract

Pentingnya dilakukan perbaikan dalam kurikulum pendidikan yang fokus pada materi yang bersifat lebih kontekstual, relevan dengan kehidupan sehari-hari dan memperhatikan unsur budaya. Salah satu cara dilakukan yaitu dengan merekonstruksi pengetahuan ilmiah yang terintegrasi dengan budaya atau etnosains, hal ini sesuai dengan diterapkannya kurikulum merdeka. Penyatuan unsur budaya dengan ilmu sains dapat dilakukan melalui bahan ajar modul. Hal ini bertujuan agar peserta didik mampu memahami lebih dalam mengenai budayanya yang menjadi sumber penghidupan masyarakat secara turun-temurun. Pembelajaran terintegrasi etnosains ini penting untuk dipelajari, tak hanya agar mampu memahami budaya sekitar, tapi juga agar peserta didik mampu melakukan transformasi pengetahuan dari sains yang dihasilkan oleh masyarakat asli Jenis penelitian ini yaitu R&D dengan menggunakan model pengembangan 4D yang terdiri dari 4 tahapan, yaitu define, design, develop, dan disseminate. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis validitas isi dan analisis validitas konstruk menggunakan Aiken’s V yang divalidasi oleh 5 orang ahli yaitu 3 orang dosen kimia FMIPA UNP dan 2 orang guru kimia SMAN 3 Padang Panjang. Berdasarkan hasil penelitian, nilai V pada validitas isi yaitu 0,84 yang terdiri dari kesesuaian modul dengan sintak PBL dan kebenaran isi modul. Nilai V pada validitas konstruk yang mencakup kelayakan isi, komponen kebahasaan, komponen penyajian dan komponen kegrafikan berturut-turut sebesar 0.85, 0.89, 0.91, 0.92. Pada uji praktikalitas oleh guru dan peserta didik diperoleh 89.3% dan 88.7% dengan kategori sangat praktis. Hasil penelitian dan analisis data yang telah dilakukan menunjukkan bahwa modul rumus kimia, tata nama senyawa dan persamaan reaksi terintegrasi etnosains untuk fase E SMA/MA memiliki tingkat kevalidan dan kepraktisan yang tinggi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorKurniawati, DesyUNSPECIFIED
CorrectorGuspatni, GuspatniUNSPECIFIED
CorrectorParbuntari, HestyUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Modul, Rumus Kimia Tata Nama Senyawa dan Persamaan Reaksi, Etnosains
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 26 Jun 2024 03:46
Last Modified: 26 Jun 2024 03:46
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/52676

Actions (login required)

View Item View Item