Pengembangan Modul Ajar Perubahan dan Pelestarian Lingkungan Hidup Berbasis Project Based Learning untuk Mata Pelajaran Biologi Fase E SMA

Wulandari, Wella (2024) Pengembangan Modul Ajar Perubahan dan Pelestarian Lingkungan Hidup Berbasis Project Based Learning untuk Mata Pelajaran Biologi Fase E SMA. Skripsi thesis, Fakultas Matematika & Ilmu Pengetahuan Alam.

[img]
Preview
Text
B.1_03_WELLA_WULANDARI_19031167_1949_2024.pdf

Download (921kB) | Preview

Abstract

Kurikulum merdeka belajar memuat konsep adanya kemerdekaan dalam pembelajaran, dalam pelaksanaan kurikulum merdeka belajar guru diberikan kebebasan untuk merancang pembelajaran sendiri dan menyenangkan bagi peserta didik, melalui penyusunan perangkat pembelajaran berupa modul ajar dengan model pembelajaran bervariasi. Namun dari observasi diketahui bahwa model pembelajaran bervariasi belum optimal diterapkan sesuai sintaks, khusunya model pembelajaran Project Based Learning (PjBL), karena belum tersedianya modul ajar berbasis PjBL pada pembelajaran biologi di SMAN 3 Padang. Tujuan penelitian ini menghasilkan modul ajar perubahan dan pelestarian lingkungan hidup berbasis Project Based Learning untuk mata pelajaran biologi fase E SMA yang valid dan praktis. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) dengan model 4D (Four-D Models) terdiri 4 tahapan (define, design, develop, disseminate) yang dibatasi sampai tahap develop. Subjek penelitian yaitu 2 orang dosen Biologi FMIPA UNP, 3 orang guru biologi dan 25 orang peserta didik kelas XI Fase F di SMAN 3 Padang. Objek penelitian yaitu modul ajar perubahan dan pelestarian lingkungan hidup berbasis project based learning untuk mata pelajaran biologi fase E SMA. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi, angket validitas dan praktikalitas. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh modul ajar perubahan dan pelestarian lingkungan hidup berbasis project based learning yang valid dengan nilai validitas 84,61%. Uji praktikalitas oleh guru dan peserta didik diperoleh nilai 86,47% dan 85,18% dengan kriteria praktis. Dapat disimpulkan bahwa telah dihasilkan modul ajar perubahan dan pelestarian lingkungan hidup berbasis project based learning untuk mata pelajaran biologi fase E SMA yang valid dan praktis

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorFuadiyah, Sa’diatulUNSPECIFIED
CorrectorYogica, RelsasUNSPECIFIED
CorrectorSelaras, Ganda HijrahUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Modul Ajar, Perubahan dan Pelestarian Lingkungan Hidup, Project Based Learning.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 25 Jun 2024 07:53
Last Modified: 25 Jun 2024 07:53
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/52667

Actions (login required)

View Item View Item