Pengembangan LKPD Elektronik Berbasis ProblemBasedLearning (PBL) Tentang Materi KeanekaragamanHayati untuk Peserta Didik Fase E

Fadhilah, Fani (2024) Pengembangan LKPD Elektronik Berbasis ProblemBasedLearning (PBL) Tentang Materi KeanekaragamanHayati untuk Peserta Didik Fase E. Skripsi thesis, Fakultas Matematika & Ilmu Pengetahuan Alam.

[img]
Preview
Text
B.1_03_FANI_FADHILAH_19031074_3015_2024.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Perkembangan IPTEK dalam dunia pendidikan mampu mengubah sistempembelajaran konvensional menjadi modern. Dibuktikan dengan pemanfaatanteknologi informasi dalam kegiatan belajar mengajar di sekolah melalui bahanajar. Bahan ajar yang digunakan guru biologi SMAN 3 Padang Panjang yaitubuku teks dan LKPD, namun LKPD yang digunakan guru belummendorongpeserta didik untuk berpikir kritis dan banyak mengeluarkan biaya karena masihdalam bentuk cetak. Solusi mengatasi masalah tersebut dengan mengembangkanLKPD elektronik berbasis PBL. Tujuan penelitian ini untuk mengembangkandanmenghasilkan LKPD elektronik berbasis PBL tentang materi keanekaragamanhayati untuk peserta didik fase E yang valid dan praktis. Jenis penelitian adalah penelitian pengembangan dengan model pengembangan 4-D. Instrumen penelitian yaitu lembar pedoman wawancara guru, angket peserta didik, angket uji validitas dan praktikalitas. LKPDelektronikberbasis PBL divalidasi oleh dua orang dosen Departemen Biologi FMIPAUNPdan satu orang guru biologi SMAN 3 Padang Panjang. LKPD elektronik berbasisPBL diujicobakan terhadap 1 orang guru biologi SMAN 3 Padang Panjang dan28orang peserta didik fase E SMAN 3 Padang Panjang Tahun Ajaran 2023/2024. Objek penelitian adalah LKPD elektronik berbasis PBL tentang materi keanekaragaman hayati untuk peserta didik fase E. Data yang digunakanmerupakan data primer kemudian dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan diperoleh nilai rata-ratahasil validasi 94,44% (sangat valid). Uji praktikalitas yang dilaksanakanpadaguru dan peserta didik memperoleh hasil 98,21% (sangat praktis) dan 95,27%(sangat praktis). Sehingga disimpulkan bahwa LKPD elektronik berbasis PBLtentang materi keanekaragaman hayati untuk peserta didik fase Eyangdikembangkan sangat valid dan sangat praktis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorZulyusri, ZulyusriUNSPECIFIED
CorrectorArsih, FitriUNSPECIFIED
CorrectorAnggriyani, RiaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: LKPD Elektronik, Problem Based Learning (PBL), Pengembangan, Keanekaragaman Hayati
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 25 Jun 2024 07:35
Last Modified: 25 Jun 2024 07:35
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/52664

Actions (login required)

View Item View Item