Pengembangan Modul Pembelajaran Ragam Hias Berbasis PJBL bagi Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Kecamatan V Koto Timur Kabupaten Padang Pariaman.

Syawal, Erdi (2024) Pengembangan Modul Pembelajaran Ragam Hias Berbasis PJBL bagi Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Kecamatan V Koto Timur Kabupaten Padang Pariaman. Skripsi thesis, Fakultas Bahasa dan Seni.

[img]
Preview
Text
B1_5_ERDI_ SYAWAL_17020041_2790_2024.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memghasilkan modul pembelajaran ragam hias yang valid dan praktis. Subjek uji coba pada penelitian ini ada dua yaitu subjek validasi yang terdiri dari 5 orang validator ahli, dan subjek uji coba skala kecil yang terdiri dari 15 orang siswa kelas VII SMP Negeri 1 V koto Timur 1 Kabupaten Padang Pariaman. Pengembangan ini menggunakan model 4-D yang terdiri dari pendefenisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop), dan penyebaran (disseminate). Penelitian ini hanya dilakukan sampai tahap pengembangan saja karena keterbatasan waktu. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif yang mendiskripsikan validitas dan praktikalitas modul pembelajaran ragam hias. Berdasarkan hasil pengolahan data hasil validasi yang diperoleh dari lembar validasi yang diberikan kepada validator yaitu dengan rata-rata 87,12% yang dinyatakan sangat valid, dan hasil uji praktikalitas yang diberikan kepada siswa dinyatakan sangat valid dengan rata-rata 91,6%. Berdasarkan hasil yang diperoleh dapat disimpulkan modul pembelajaran ragam hias telah valid dan praktis. Kata kunci : modul pembelajaran, ragam hias, PjBL (project based learning).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSandra, YofitaUNSPECIFIED
CorrectorAwrus, SuibUNSPECIFIED
CorrectorZubaidah, ZubaidahUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: MODUL PEMBELAJARAN, RAGAMHIAS, PROJECT BASED LEARNING
Subjects: L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
N Fine Arts > NX Arts in general
T Technology > TT Handicrafts Arts and crafts
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Rupa - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 25 Jun 2024 06:14
Last Modified: 25 Jun 2024 06:14
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/52658

Actions (login required)

View Item View Item