Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Kelas VIII SMPN 12 Padang

Aditha P, Indah Ramadhani (2024) Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Kelas VIII SMPN 12 Padang. Skripsi thesis, Fakultas Matematika & Ilmu Pengetahuan Alam.

[img]
Preview
Text
B.1_01_INDAH_RAMADHANI_19029023_1408_2024.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah matematis menjadi salah satu kemampuan yang diharapkan dapat dimiliki dan dikembangkan dalam pembelajaran matematika. Namun, kenyataannya kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik di kelas VIII SMPN 12 Padang masih tergolong rendah. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik yaitu dengan menerapkan model Problem Based Learning (PBL). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perkembangan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik yang pembelajarannya menggunakan model PBL dan mendeskripsikan apakah kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik yang pembelajarannya menggunakan model PBL lebih baik dibandingkan dengan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran langsung di kelas VIII SMPN 12 Padang. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi experiment (eksperimen semu) dengan pendekatan deskriptif.. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas VIII SMPN 12 Padang Tahun Ajaran 2023/2024 yang terdiri dari 8 kelas. Penarikan sampel dilakukan dengan menggunakan simple random sampling. Kelas VIII.8 terpilih sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII.4 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan adalah kuis dan tes akhir kemampuan pemecahan masalah matematis. Analisis data dalam penelitian ini yaitu analisis data kuis dan analisis data tes akhir dengan melakukan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian yaitu hasil kuis pada pertemuan I sampai V menunjukkan adanya perkembangan signifikan pada setiap indikator kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik yang pembelajarannya menggunakan model PBL. Berdasarkan uji hipotesis dari hasil tes akhir kedua kelas sampel menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik yang pembelajarannya menggunakan model PBL lebih baik daripada kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran langsung di kelas VIII SMPN 12 Padang

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorArmiati, ArmiatiUNSPECIFIED
CorrectorTasman, FridgoUNSPECIFIED
CorrectorNasution, Minora LonggomUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Model Problem Based Learning, Model Pembelajaran Langsung, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 25 Jun 2024 04:37
Last Modified: 25 Jun 2024 04:37
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/52656

Actions (login required)

View Item View Item