Pengembangan e-LKPD iSpring Berbasis Guided Discovery Learning Pada Materi Hidrolisis Garam Kelas XI SMA/MA

Cahyani, Septi Windri (2024) Pengembangan e-LKPD iSpring Berbasis Guided Discovery Learning Pada Materi Hidrolisis Garam Kelas XI SMA/MA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_7_SEPTI_WINDRI_CAHYANI_17035041_1266_2024.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) sangat pesat terutama dalam bidang pendidikan. Permendikbud No. 103 tahun 2014 menyatakan pembelajaran berpusat pada peserta didik dan peserta didik terampil menggunakan teknologi dengan guru sebagai fasilitator. Pemanfaatan teknologi dapat memperluas kegiatan pembelajaran dengan menggunakan bahan ajar elektronik Lembar Kerja Peserta Didik (e-LKPD), sehingga peserta didik dapat belajar secara mandiri. Namun berdasarkan observasi, penggunaan teknologi dalam pembelajaran masih terbatas, LKPD cetak pada materi hidrolisis garam yang beredar belum menuntun peserta didik dalam menemukan konsep dan bahan ajar yang digunakan belum interaktif. Penelitian ini mengembangkan e-LKPD interaktif yang memanfaatkan teknologi pada materi hidrolisis garam. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-LKPD iSpring berbasis guided discovery learning pada materi hidrolisis garam serta mengetahui kevalidan dan menentukan tingkat praktikalitas dalam small group. Jenis penelitian yang digunakan yaitu Educational Design Research (EDR) dengan model pengembangan Plomp. Subjek penelitian adalah dosen kimia UNP, guru kimia dan peserta didik di SMAN 14 Padang. Validitas ditinjau dari validitas konten, konstruk dan ahli media yang dilakukan oleh dosen kimia FMIPA UNP dan guru SMAN 14 Padang, sedangkan praktikalitas oleh peserta didik dan guru SMAN 14 Padang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket validasi dan praktikalitas serta soal tes evaluasi untuk peserta didik. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan rumus Aiken’s V untuk uji validasi dan rumus persentase praktikalitas. Berdasarkan data hasil penelitian, uji validasi menunjukkan bahwa e-LKPD sudah valid (0,83). Uji kepratisan menunjukkan nilai praktikalitas untuk guru dan peserta didik sudah sangat praktis (87% dan 85%).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSuryelita, SuryelitaUNSPECIFIED
CorrectorYerimadesi, YerimadesiUNSPECIFIED
CorrectorAini, Faizah QurrataUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: ISPRING BERBASIS GUIDED DISCOVERY LEARNING
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 25 Jun 2024 04:37
Last Modified: 25 Jun 2024 04:37
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/52655

Actions (login required)

View Item View Item