Efektivitas Penggunaan Permainan Ludo Word Game Kimia Sebagai Media Chemo-Edutainment Pada Materi Sistem Koloid Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMA/MA

Azzara, Salsabilla (2024) Efektivitas Penggunaan Permainan Ludo Word Game Kimia Sebagai Media Chemo-Edutainment Pada Materi Sistem Koloid Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMA/MA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_7_SALSABILLA_AZZARA_19035046_1234_2024.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah telah tersedia media permainan Ludo Word Game (LWG) kimia sebagai media Chemo-Edutainment (CET) pada materi sistem koloid yang valid dan sangat praktis, namun belum dilakukan uji efektivitasnya terhadap hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini untuk mengukur tingkat keefektifan penggunaan media permainan LWG kimia terhadap hasil belajar siswa pada ranah kognitif kelas XI SMA Pembangunan Laboratorium UNP. Penelitian ini adalah lanjutan dari pengembangan dengan menggunakan model Plomp. Rancangan penelitian yaitu Pretest-Posttest Control Group Design dengan populasi siswa kelas XI MIPA di SMA Pembangunan Laboratorium UNP. Pengambilan sampel dengan teknik Simple Random Sampling, kelas XI MIPA 3 terpilih menjadi kelas eksperimen dan kelas XI MIPA 2 menjadi kelas kontrol. Instrumen penelitian ini yaitu tes hasil belajar berupa soal pilihan ganda yang telah diuji cobakan terdiri dari 25 soal. Teknik analisis data dengan uji N-Gain dan uji hipotesis menggunakan uji-t. Berdasarkan pengolahan data diperoleh rata-rata posttest untuk kelas eksperimen sebesar 83,4 dan untuk kelas kontrol sebesar 63. Rata-rata skor N-Gain kelas eksperimen 0,78 dikategorikan tinggi dan kelas kontrol 0,53 dikategorikan sedang. Nilai pengujian hipotesis yang dilakukan dengan uji-t yaitu (8.312) > (1.66) pada taraf kepercayaan α = 0,05. Karena berarti H0 ditolak H1 diterima. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa permainan LWG sebagai media CET pada materi sistem koloid secara signifikan efektif meningkatkan hasil belajar siswa pada ranah kognitif

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorIswendi, IswendiUNSPECIFIED
CorrectorIryani, IryaniUNSPECIFIED
CorrectorKurniawati, DesyUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: PENGGUNAAN PERMAINAN LUDO WORD GAME
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 25 Jun 2024 03:36
Last Modified: 25 Jun 2024 03:36
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/52646

Actions (login required)

View Item View Item