Praktikalitas dan Efektivitas Panduan Teknis Pembelajaran Project Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Kimia Peserta Didik pada Materi Asam dan Basa kelas XI SMA/MA

Aslama, Lasmi (2024) Praktikalitas dan Efektivitas Panduan Teknis Pembelajaran Project Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Kimia Peserta Didik pada Materi Asam dan Basa kelas XI SMA/MA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_7_LASMI_ASLAMA_18035012_831_2024.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena telah tersedianya panduan teknis pembelajaran project based learning berbasis literasi kimia pada materi asam basa sudah diuji validitasnya, namun belum dengan uji praktikalitas dan uji efektivitasnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan tingkat praktikalitas dan efektivitas dari penggunaan panduan teknis pembelajaran project based learning berbasis literasi kimia pada materi asam basa kelas XI SMAN 2 Pariaman yang dapat dilihat dari nilai pretest dan posttest. Jenis penelitian ini adalah pre-eksperiment dengan rancangan one group pretest posttest design. Populasi dan sampel pada penelitian ini adalah 30 peserta didik. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah teknik purposive sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah soal berbentuk uraian sebanyak 15 butir soal. Dari hasil penelitian didapatkan nilai rata-rata pretest peserta didik 25,38 dan nilai rata-rata posttest sebesar 78,46. Hasil posttest peserta didik menunjukkan bahwa kemampuan literasi kimia pada peserta didik meningkat. Nilai N-gain yang diperoleh adalah 0,71 dengan kategori tinggi. Kemampuan literasi kimia peserta didik menunjukkan bahwa panduan teknis pembelajaran project based learning berbasis literasi kimia pada materi asam basa efektif dalam meningkatkan literasi kimia peserta didik dari nominal scientific menjadi conceptual scientific literacy pada kelas XI di SMAN 2 Pariaman.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorYusmaita, EkaUNSPECIFIED
CorrectorYerimadesi, YerimadesiUNSPECIFIED
CorrectorAlizar, AlizarUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: PROJECT BASED LEARNING
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 25 Jun 2024 03:10
Last Modified: 25 Jun 2024 03:10
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/52642

Actions (login required)

View Item View Item