Pengaruh Teknik Think Talk Write (TTW) Berbantuan Media Gambar Berseri terhadap Keterampilan Menulis Teks Prosedur Siswa Kelas VII MTsN 6 Kota Padang.

Putri, Rezi Novita (2024) Pengaruh Teknik Think Talk Write (TTW) Berbantuan Media Gambar Berseri terhadap Keterampilan Menulis Teks Prosedur Siswa Kelas VII MTsN 6 Kota Padang. Skripsi thesis, Fakultas Bahasa dan Seni.

[img]
Preview
Text
B1_1_REZI_ NOVITA_ PUTRI_20016103_2774_2024.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Kondisi saat ini di MTsN 6 Kota Padang, siswa masih mengalami kendala dalam menulis teks prosedur. Kendala tersebut berkaitan dengan penulisan struktur, unsur kebahasaan, dan kaidah kebahasaan. Berdasarkan permasalahan yang ditemukan, penting melakukan pembaharuan dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh penggunaan teknik Think Talk Write (TTW) Berbantuan Media Gambar Berseri terhadap Keterampilan Menulis Teks Prosedur Siswa Kelas VII MTsN 6 Kota Padang. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode eksperimen. Rancangan penelitian yang digunakan adalah one group pretest-posttest design. Populasi yang digunakan adalah kelas VII MTsN 6 Kota Padang dengan teknik purposive sampling untuk pengambilan sampel. Sampel yang dipiih terdiri dari satu kelas. Data dalam penelitian ini adalah skor keterampilan menulis teks prosedur siswa kelas VII MTsN 6 Kota Padang tanpa dan menggunakan teknik Think Talk Write (TTW) Berbantuan Media Gambar Berseri. Instrumen penelitian ini adalah tes unjuk kerja. Uji prasyarat analisis yang dilakukan adalah uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil penelitian ini ada tiga, yakni sebagai berikut. Pertama, keterampilan menulis teks prosedur tanpa menggunakan teknik think talk write (TTW) berbantuan media gambar berseri yang berada pada kualifikasi Lebih dari cukup (Ldc) dengan nilai rata-rata 71,35. Kedua, keterampilan menulis teks prosedur menggunakan teknik think talk write (TTW) berbantuan media gambar berseri yang berada pada kualifikasi Baik (B) dengan nilai rata-rata 80,73. Ketiga, berdasarkan uji-t hasil perolehan fhitung ini dibandingkan dengan ftabel pada derajat kebebasan (dk) = (n-2) pada taraf signifikan 95% fhitung > ftabel (3,959472106 > 1,998971517), dengan demikian hipotesis berbunyi terdapatnya pengaruh signifikansi penggunaan teknik think talk write (TTW) berbantuan media gambar berseri terhadap keterampilan menulis teks prosedur siswa kelas VII MTsN 6 Kota Padang. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa keterampilan menulis teks prosedur siswa kelas VII MTsN 6 Kota Padang menggunakan teknik think talk write (TTW) berbantuan media gambar berseri lebih baik dibandingkan tanpa menggunakan teknik think talk write (TTW) berbantuan media gambar berseri.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAbdurahman, AbdurahmanUNSPECIFIED
CorrectorEmidar, EmidarUNSPECIFIED
CorrectorNingsih, Ayu GustiaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: MEDIA GAMBAR, KETERAMPILAN MENULIS, MENULIS TEKS
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LC Special aspects of education
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 21 Jun 2024 06:38
Last Modified: 21 Jun 2024 06:38
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/52623

Actions (login required)

View Item View Item