Pengaruh Penambahan Cat Waterproof (Nippon Paint Eelastek Waterproof 3- in-1) pada Kuat Tekan dan Kuat Geser Pasangan Bata Merah untuk Dinding Aman Gempa

Hamdi, Luthfi (2024) Pengaruh Penambahan Cat Waterproof (Nippon Paint Eelastek Waterproof 3- in-1) pada Kuat Tekan dan Kuat Geser Pasangan Bata Merah untuk Dinding Aman Gempa. Skripsi thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
B.1_02_LUTHFI_HAMDI_20062073_3268_2024.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Indonesia secara geografis terletak di kawasan cincin api pasifik, oleh sebab itu Indonesia termasuk yang rawan terhadap bencana gempa bumi. Oleh karena itu dilakukan pengujian untuk menemukan metode perkuatan pasangan bata merah yang dapat mengurangi kerusakan, serta spesifikasi yang cocok untuk pengujian kuat tekan dan geser menggunakan lapisan cat waterproof. Metode pengujian dilakukan dengan membuat beberapa sampel (sampel kontrol dan sampel dengan lapisan cat waterproof). Terdapat 8 jenis benda uji dengan 24 sampel yang memiliki spesifikasi yang berbeda-beda. Pengujian menggunakan CTM (Compression Testing Machine) untuk melihat nilai kuat tekan dan kuat geser dari masing-masing benda uji. Berdasarkan hail penelitian uji pasangan bata merah dengan lapisan cat waterproof maka dapat disimpulkan bahwa dengan penambahan cat waterproof dapat mempengaruhi peningkatan kuat tekan dan kuat geser serta menggurangi kerusakan jika di bandingkan dengan sampel kontrol. Pada pengujian lapisan cat yang digunakan yaitu 1 mm, 2 mm dan 3 mm, dengan hasil peningkatan paling tinggi pada benda uji tekan lapisan cat waterproof 3 mm mencapai 43,48 kg/cm2, memenuhi persyaratan minimum untum membangun rumah aman gempa (≥30 kg/cm2).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorJuliafad, EkaUNSPECIFIED
CorrectorRani, Iskandar GUNSPECIFIED
CorrectorUtama, Rizky IndraUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Cat Waterproof, Kuat Tekan, Kuat Geser
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil dan Bangunan - D3
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 21 Jun 2024 04:12
Last Modified: 24 Jun 2024 04:05
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/52618

Actions (login required)

View Item View Item