Tinjauan E-Service Quality Shopee pada Mahasiswa D3 Manajemen Perdagangan FEB UNP.

Yudistia, Igo Alda (2024) Tinjauan E-Service Quality Shopee pada Mahasiswa D3 Manajemen Perdagangan FEB UNP. Skripsi thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
B1_7_IGO_ALDA_YUDISTIA_19134037_2879_2024.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Perkembangan internet yang pesat di Indonesia telah membuktikan bahwa internet telah menjadi sebuah fenomena yang mengubah gaya hidup masyarakat secara luas. Hal ini memungkinkan segala aktivitas masyarakat, termasuk berbelanja, dapat dilakukan secara online. Salah satu platform e-commerce yang paling banyak dikunjungi di Indonesia adalah Shopee, menduduki posisi kedua. Pada masa persaingan yang semakin ketat, kualitas pelayanan menjadi faktor penentu utama bagi eksistensi perusahaan atau industri yang berorientasi pada konsumen. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi e-service quality aplikasi Shopee dari perspektif mahasiswa Universitas Negeri Padang, khususnya jurusan Manajemen Perdagangan. Data untuk penelitian ini dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner dengan menggunakan skala Likert kepada 70 responden mahasiswa. Peneliti menerapkan metode Tingkat Capaian Responden (TCR) dan menganalisis data sampel di Ms. Excel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-service quality aplikasi Shopee, menurut tinjauan responden, menghasilkan kategori yang beragam. Faktor kontak masuk dalam kategori sangat baik dengan rata-rata skor 4,48, sedangkan efisiensi (rata-rata skor 4,31), privasi (rata-rata skor 4,44), responsivitas (rata-rata skor 4,43), dan kompensasi (rata-rata skor 4,40) dinilai baik. Namun, untuk faktor fulfillment (rata-rata skor 3,90) dan system availability (rata-rata skor 3,89), penilaian berada dalam kategori cukup baik. Total nilai rata-rata dari semua indikator adalah 4,6, dengan Target Completion Rate (TCR) sebesar 85%. Ini menunjukkan bahwa secara umum, Shopee memiliki kinerja yang baik dalam memenuhi standar yang ditetapkan, dengan indikator-indikator utama seperti efisiensi, privasi, responsivitas, dan kompensasi berada pada tingkat yang memuaskan. Evaluasi keseluruhan masih tetap baik, menunjukkan bahwa secara keseluruhan, Shopee memiliki kinerja yang memuaskan dalam menyediakan layanan e-commerce kepada pengguna. Dengandemikian,penelitianinimerekomendasikanbeberapapelayananyangperlumendapatperhatiandanperbaikanagar dapat memberikan kepuasan pelanggan yang maksimal. Hal ini bertujuan agar perusahaantetap berdaya saing dan mampu mempertahankan kualitas pelayanan yang baik tanpamengalami kerugian ataupenurunankualitas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorFitria, YukiUNSPECIFIED
CorrectorUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
CorrectorUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: KUALITAS PELAYANAN, E-COMMERCE, KEPUASAN PELANGGAN
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce
H Social Sciences > HZ Management
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen Perdagangan - D3
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 20 Jun 2024 02:35
Last Modified: 20 Jun 2024 02:35
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/52595

Actions (login required)

View Item View Item