Desain Bahan Ajar Berbasis Konflik Kognitif Terintegrasi Augmented Reality (AR) pada Materi Gelombang Bunyi Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa SMA/MA

Anelfia, Syifa Chaerunisa Putri (2023) Desain Bahan Ajar Berbasis Konflik Kognitif Terintegrasi Augmented Reality (AR) pada Materi Gelombang Bunyi Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa SMA/MA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_5_SYIFA_CHAERUNISA_PUTRI_ANELFIA_19033185_1251_2024.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Perubahan kurikulum 2013 menjadi kurikulum merdeka merupakan suatu hal yang berubah tanpa alasan, melainkan untuk meningkatkan kompetensi lulusan yang memiliki pemahaman konsep dan keterampilan abad 21. Fakta yang ditemukan di lapangan adalah pemahaman konsep siswa pada materi gelombang bunyi masih tergolong rendah serta guru masih menerapkan pembelajaran yang berpusat kepada guru. Salah satu solusi yang dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan mengembangkan bahan ajar berbasis konflik kognitif terintegrasi Augmented Reality untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk menentukan karakteristik, validitas, dan praktikalitas terhadap bahan ajar berbasis konflik kognitif terintegrasi Augmented Reality. Penelitian yang dilakukan termasuk jenis penelitian development research menggunakan model Plomp. Model Plomp terdiri tiga tahap, yaitu (1) Preliminary research (2) Develop or Prototyping Phase (3) Assessment Phase. Penelitian ini dibatasi sampai tahap Develop or Prototyping Phase pada tahap one to one. Objek pada penelitian adalah bahan ajar berbasis konflik kognitif terintegrasi Augmented Reality. Sumber data diperoleh dari hasil validasi 6 tenaga ahli oleh dosen Fisika FMIPA UNP. Sumber data kepraktisan one to one diperoleh dari siswa kelas XI Fase F SMAN 15 Padang. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini adalah lembar uji validitas dan lembar uji praktikalitas. Teknik analisis data untuk validasi instrumen dan produk mengunakan V Aiken, kepraktisan produk menggunakan teknik persentase. Berdasarkan Priliminary Research diperoleh permasalahan pemahaman konsep siswa pada materi gelombang bunyi masih tergolong rendah. Pada develop or prototyping phase telah didesain bahan ajar yang disusun dengan 4 sintak model pembelajaran berbasis konflik kognitif dan mengintegrasikan teknologi augmented reality. Hasil uji validitas diperoleh rata-rata 0,88 dengan kategori valid. Hasil Uji Kepraktisan one to one diperoleh nilai rata-rata 94,5 dengan kategori sangat baik. Jadi dapat disimpulkan bahwa bahan ajar berbasis konflik kognitif terintegrasi augmented reality pada materi gelombang bunyi valid dan praktis untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa SMA/MA.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMufit, FatniUNSPECIFIED
CorrectorHidayati, HidayatiUNSPECIFIED
CorrectorSari, Silvi YuliaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: KONFLIK KOGNITIF TERINTEGRASI AUGMENTED REALITY (AR)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 20 Jun 2024 02:33
Last Modified: 20 Jun 2024 02:33
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/52591

Actions (login required)

View Item View Item