Pengaruh Mordan Tawas, Kapur Sirih, dan Tunjung Terhadap Hasil Ecoprint Daun Pepaya Jepang (Cnidoscolus Aconitifolius) pada Bahan Katun

Arsa, Fawzia (2024) Pengaruh Mordan Tawas, Kapur Sirih, dan Tunjung Terhadap Hasil Ecoprint Daun Pepaya Jepang (Cnidoscolus Aconitifolius) pada Bahan Katun. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_01_FAWZIA_ARSA_18075104_1753_2024.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Tanaman yang dapat dijadikan motif tekstil dengan teknik ecoprint yaitu pepaya jepang yang memiliki bentuk tulang daun menjari dan mengandung tanin. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan: nama warna (hue), kejelasan bentuk motif daun, ketahanan cuci dan pengaruh penggunaan mordan tawas, kapur sirih, tunjung pada ecoprint daun pepaya jepang terhadap kejelasan bentuk motif daun dan ketahanan cuci. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Data penelitian menggunakan data primer dengan metode pengumpulan data berupa kuesioner disebarkan kepada 18 panelis. Data diolah dan dianalisis menggunakan persentase frekuensi dan program SPSS dengan uji Friedman K-Related Sample. Hasil nama warna (hue) ecoprint daun pepaya jepang dengan mordan tawas adalah olive, mordan kapur sirih adalah muddy waters brown, dan mordan tunjung adalah dark olive green. Hasil kejelasan bentuk motif daun menggunakan mordan tawas adalah sangat jelas, sedangkan mordan kapur sirih dan tunjung adalah jelas. Hasil ketahanan cuci menggunakan mordan tawas dan tunjung adalah sangat baik, mordan kapur sirih adalah baik. Hasil uji Friedman K-Related kejelasan bentuk motif daun adalah 0,000<0,05. Ketahanan cuci mordan tawas dan kapur sirih adalah sama yaitu 0,000<0,05. Ketahanan cuci mordan tunjung adalah 0,003<0,05. Artinya terdapat perbedaan akibat pengaruh penggunaan mordan tawas, kapur sirih dan tunjung terhadap kejelasan bentuk motif daun dan ketahanan cuci.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAdriani, AdrianiUNSPECIFIED
CorrectorErnawati, ErnawatiUNSPECIFIED
CorrectorNovrita, Sri ZulfiaUNSPECIFIED
Subjects: N Fine Arts > NE Print media
Divisions: Fakultas Pariwisata dan Perhotelan > Pendidikan Kesejahteraan Keluarga - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 13 Jun 2024 07:57
Last Modified: 13 Jun 2024 07:57
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/52525

Actions (login required)

View Item View Item