Hasibuan, Devy Afriani
(2024)
Hubungan Interaksi Sosial dengan Kecemasan Siswa Korban Bullying.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Pada era saat ini maraknya kasus siswa yang mengalami bully di
sekolah,Siswa yang menjadi korban bullying akan mengalami kecemasan, kecemasan
mengacu perasaan tidak nyaman dan ketakutan bahkan kecemasan membuat
seseorang sulit berinteraksi dengan seseorang dan lingkungan sekitar, hal ini
merugikan siswa karena
siswa mengalami kecemasan sehingga tidak bisa
mengontrol dirinya akibatnya siswa kesulitan berinteraksi dengan siswa lainnya
bahkan hilangnya kepercayaan diri dan takut membina hubungan interaksi sosial
dengan orang lain.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif
korelasional, populasi penelitian adalah siswa kelas Kelas XI dan Kelas XII SMAN 8
Padang berjumlah 653 dengan sampel sebanyak 74 siswa dipilih dengan
menggunakan teknik Purposive Sampling, tujuan penelitian ini yaitu hubungan
interaksi sosial dengan kecemasan siswa korban bullying, hasil penelitian
menunjukkan adanya hubungan negatif yang signifikan antara interaksi sosial
dengan kecemasan siswa korban bullying. Berdasarkan hasil penelitian diharapkan
guru BK meningkatkan perhatian terhadap korban bullying dengan memberikan
layanan informasi dengan materi pentingnya interaksi sosial, layanan bimbingan
kelompok dengan memberikan topik tugas interaksi sosial yang baik dengan teman
dan layanan penguasaan konten dengan materi peningkatan interaksi sosial.
Actions (login required)
|
View Item |