Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan Geogebra Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 1 2x11 Enam Lingkung

Hasanah, Devy (2024) Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan Geogebra Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 1 2x11 Enam Lingkung. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_1_DEVY_HASANAH_19029078_1566_2024.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Pemahaman konsep matematis merupakan kemampuan utama yang harus dimiliki oleh peserta didik untuk dapat memiliki kemampuan matematis lainnya. Namun kenyataannya, pemahaman konsep matematis peserta didik kelas X SMA Negeri 1 2x11 Enam Lingkung tergolong rendah, karena model pembelajaran yang digunakan belum mendukung untuk mengembangkan pemahaman konsep matematis peserta didik serta pembelajaran masih berpusat pada pendidik. Untuk mengatasi masalah tersebut, upaya yang dilakukan adalah menerapkan model PBL berbantuan geogebra. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui, mendeskripsikan, dan menganalisis apakah pemahaman konsep matematis peserta didik yang pembelajarannya dengan model PBL berbantuan geogebra lebih baik daripada yang menggunakan model pembelajaran langsung di kelas X SMA Negeri 1 2x11 Enam Lingkung dan mendeskripsikan perkembangan pemahaman konsep matematis peserta didik kelas X SMA Negeri 1 2x11 Enam Lingkung selama diterapkannya model PBL berbantuan geogebra. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen semu (quasy eksperiment) dan penelitian deskriptif dengan rancangan nonequivalent posttest-only control group desain. Populasi penelitian adalah peserta didik kelas kelas X SMA Negeri 1 2x11 Enam Lingkung Tahun Pelajaran 2023/2024. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik simpel random sampling. Kelas yang terpilih sebagai kelompok eksperimen adalah X 1 dan kelompok kontrol adalah X 2. Instrumen penelitian yang digunakan adalah kuis dan tes akhir pemahaman konsep matematis. Uji hipotesis penelitian ini dilakukan dengan uji- . Berdasarkan hasil analisis data kuis diperoleh hasil yang menunjukkan adanya perkembangan pemahaman konsep matematis peserta didik selama diterapkan model PBL berbantuan geogebra pada setiap indikator kecuali pada indikator 3 dan indikator 5, dan berdasarkan hasil uji hipotesis dengan taraf diperoleh , artinya sehingga tolak . Hal ini menunjukkan bahwa pemahaman konsep matematis peserta didik yang pembelajarannya menggunakan model PBL berbantuan geogebra lebih baik daripada yang belajar dengan model pembelajaran langsung. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model PBL berbantuan geogebra terhadap pemahaman konsep matematis peserta didik di kelas X SMA Negeri 1 2x11 Enam Lingkung.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorYarman, YarmanUNSPECIFIED
CorrectorSuherman, SuhermanUNSPECIFIED
CorrectorRani, Maulani MeutiaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: MODEL PROBLEM BASED LEARNING
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 12 Jun 2024 06:41
Last Modified: 12 Jun 2024 06:41
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/52486

Actions (login required)

View Item View Item