Pengaruh Pendekatan Contextual Teaching and Learning Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Kelas VIII SMPN 2 Lubuk Alung

Mardhiah, Ainil (2023) Pengaruh Pendekatan Contextual Teaching and Learning Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Kelas VIII SMPN 2 Lubuk Alung. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_1_AINIL_MARDHIAH_19029003_906_2024.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Salah satu tujuan pembelajaran matematika yaitu pemahaman konsep matematis. Namun kenyataannya di SMPN 2 Lubuk Alung kemampuan ini masih belum optimal. Salah satu penyebab permasalahan ini adalah proses pembelajaran yang masih didominasi oleh pendidik (teacher centered). Jika kemampuan ini rendah, maka akan berpengaruh pada kemampuan matematis lainnya. Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan perkembangan pemahaman konsep matematis peserta didik yang belajar menggunakan pendekatan Contextual Teaching and Learning dan untuk menganalisis dan mendeskripsikan apakah pemahaman konsep peserta didik yang belajar menggunakan pendekatan Contextual Teaching and Learning lebih baik daripada pemahaman konsep peserta didik yang belajar menggunakan pembelajaran langsung di kelas VIII SMPN 2 Lubuk Alung Tahun Pelajaran 2023/2024. Jenis penelitian adalah penelitian deskriptif dan quasy experiment dengan rancangan penelitian nonequivalent posttest-only control group design. Populasinya kelas VIII SMPN 2 Lubuk Alung dengan sampel penelitian yaitu kelas VIII.1 sebagai kelas eksperimen dan VIII.2 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian berupa kuis dan tes pemahaman konsep matematis. Berdasarkan data hasil kuis diperoleh bahwa rata-rata setiap pertemuannya mengalami fluktuasi, namun secara umum rata-rata nilai kuis peserta didik di setiap pertemuannya mengalami peningkatan. Setiap peningkatan yang terjadi menunjukkan bahwa pemahaman konsep matematis peserta didik semakin membaik, artinya terjadi perkembangan pemahaman konsep matematis peserta didik pada kelas eksperimen selama diterapkannya pendekatan Contextual Teaching and Learning. Berdasarkan analisis terhadap data hasil tes hasil tes akhir terlihat bahwa pada taraf nyata

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorArmiati, ArmiatiUNSPECIFIED
CorrectorNasution, Minora LonggomUNSPECIFIED
CorrectorHarisman, YulyantiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 12 Jun 2024 04:35
Last Modified: 12 Jun 2024 04:35
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/52471

Actions (login required)

View Item View Item