Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok Menggunakan Teknik Assertive Training Meningkatkan Kemampun Komunikasi Interpersonal Siswa.

Putri, Shintia Dwi (2024) Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok Menggunakan Teknik Assertive Training Meningkatkan Kemampun Komunikasi Interpersonal Siswa. Masters thesis, Pasca Sarjana.

[img]
Preview
Text
B1_7_01_SHINTIA_DWI-PUTRI_20151030_226_2024.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena yang terjadi di SMP N 3 Lubuk Basung yaitu rendahnya kemampuan komunikasi interpersonal siswa, ini ditunjukkan adanya siswa yang tidak menghargai lawan bicara cenderung memunculkan perselisihan, siswa yang enggan untuk memulai berkomunikasi dengan orang lain memilih menghindari berinteraksi dengan orang lain, disaat pembelajaran siswa tidak mau bertanya apa yang tidak dimengertinya, acuh tak acuh disaat diskusi dan beberapa siswa tidak mengetahui cara yang tepat dalam menyampaikan sesuatu kepada orang lain. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk (1) menganalisis perbedaan tingkat kemampuan komunikasi interpersonal siswa SMP Negeri 3 Lubuk Basung sebelun dan sesudah diberi layanan bimbingan kelompok menggunakan teknik assertive training pada kelompok eksperimen, (2) menganalisis perbedaan tingkat kemampuan komunikasi interpersonal siswa SMP Negeri 3 Lubuk Basung sebelum dan sesudah diberikan layanan bimbingan kelompok pada kelompok kontrol, (3) menganalisis perbedaan tingkat kemampuan komunikasi interpersonal siswa SMP Negeri 3 Lubuk Basung setelah diberikan layanan bimbingan kelompok antara kelompok eksperimen yang menggunakan teknik assertive training dengan kelompok kontrol yang diberikan layanan bimbingan kelompok tanpa teknik assertive training. Metode penelitian yang digunakan kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment design dengan rencana pretest posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 289 siswa, dan diambil 20 siswa yang dibagi menjadi 10 siswa untuk kelompok eksperimen dan 10 siswa untuk kelompok kontrol. Penarikan sampel yang digunakan simple random sampling. Instrumen penelitian yang digunakan model skala likert. Teknik analisis data yang digunakan wilxocon signed ranks test dan kolmogrov sminorv. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan komunikasi interpersonal siswa kelompok eksperimen sebelum dan sesudah mengikuti bimbingan kelompok menggunakan teknik assertive training, (2) terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan komunikasi interpersonal siswa kelompok kontrol sebelum dan sesudah mengikuti layanan bimbingan kelompok tanpa perlakuan khusus, (3) terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan komunikasi interpersonal siswa kelompok eksperimen yang mengikuti bimbingan kelompok menggunakan teknik assertive training dengan kelompok kontrol yang diberikan layanan bimbingan kelompok tanpa perlakuan khusus. Oleh karena itu, bimbingan kelompok menggunakan teknik assertive training efektif untuk meningkatkan kemampuan komunikasi interpersonal siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMarjohan, MarjohanUNSPECIFIED
CorrectorAfdal, AfdalUNSPECIFIED
CorrectorFirman, FirmanUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: BIMBINGAN KELOMPOK, TEKNIK ASEERTIVE TRAINING, KOMUNIKASI INTERPERSONAL
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling - S2
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 12 Jun 2024 04:32
Last Modified: 12 Jun 2024 04:32
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/52460

Actions (login required)

View Item View Item