Pengaruh Kebiasaan Belajar dan Dukungan Sosial Terhadap Iklim Belajar Paket C di PKBM Delima Bandara

Trinanda, Rani (2024) Pengaruh Kebiasaan Belajar dan Dukungan Sosial Terhadap Iklim Belajar Paket C di PKBM Delima Bandara. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_4_RANI_TRINANDA_19005090_1339_2024.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini untuk mengetahui (1) pengaruh kebiasaan belajar dan dukungan sosial secara bersama-sama (simultan) terhadap iklim belajar, (2) pengaruh kebiasaan belajar terhadap ikim belajar, dan (3) pengaruh dukungan sosial terhadap iklim belajar. Penelitian ini dilakukan pada paket C di PKBM Delima Bandara Kab. Padang Pariaman tahun ajaran 2023/2024. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif eksplanatori. Populasi dalam penelitian ini adalah semua peserta didik paket C di PKBM Delima Bandara yang berjumlah 77 orang. Penarikan sampel ditentukan melalui rumus slovin dengan total sampel dalam penelitian ini sebanyak 43 orang dengan menggunakan teknik simple random sampling. Jenis data dalam penelitian ini adalah data primer, dan teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi berganda dengan menggunakan program SPSS versi 23.0. Uji yang digunakan adalah uji asumsi klasik dan uji hipotesis yang terdiri dari uji F, uji koefisien determinasi, dan uji t. Hasil analisis regresi berganda yang di peroleh persamaan Y=28,417+0,400X_1-0,141X_2+e. Pengujian hipotesis secara simultan di peroleh F hitung sebesar 26,952, dengan nilai signifikan sebesar 0,000 yang berarti lebih kecil dari nilai 0,05. Penelitian menunjukkan bahwa secara parsial maupun simultan kebiasaan belajar dan dukungan sosial berpengaruh positif dan signifikan terhadap iklim belajar paket C. Hal ini berarti bahwa semakin baik kebiasaan belajar dan dukungan sosial yang diterima peserta didik, maka semakin baik pula iklim belajar yang tercipta di PKBM Delima Bandara. Oleh karena itu, disarankan agar peserta didik dapat meningkatkan kebiasaan belajar yang efektif dan memanfaatkan dukungan sosial yang ada untuk menciptakan iklim belajar yang kondusif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorArini, Fitri DwiUNSPECIFIED
CorrectorSyuraini, SyurainiUNSPECIFIED
CorrectorPutri, Lili DasaUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Non Formal (S1)
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 12 Jun 2024 04:31
Last Modified: 12 Jun 2024 04:31
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/52454

Actions (login required)

View Item View Item