Diana, Novia
(2024)
Hubungan Perhatian Orang Tua dengan Kedisiplinan Belajar
Peserta Didik di TPA Mushalla Al-Hikmah Padusunan Kota Pariaman.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih kurangnya kedisiplinan belajar
peserta didik dalam proses pembelajaran di TPA Mushalla Al-Hikmah Padusunan
Kota Pariaman. Hal ini disebabkan oleh rendahnya perhatian orang tua kepada
peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk melihat gambaran perhatian orang tua
pada peserta didik, gambaran kedisiplinan belajar dari peserta didik, dan melihat
hubungan perhatian orang tua dengan kedisiplinan belajar peserta didik di TPA
Mushalla Al-Hikmah Padusunan Kota Pariaman.
Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif dengan jenis korelasional.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik Kelompok Al-Quran
yang terdaftar di TPA Mushalla Al-Hikmah Kampung Baru Padusunan Kota
Pariaman yang berjumlah 39 orang. Sampel dalam penelitian ini mengunakan
teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam
penelitian ini adalah angket. Sedangkan alat pengumpulan data yang digunakan
dalam penelitian ini adalah pedomen kuesioner. Teknik analisi data menggunakan
rumus persentase dan rumus pearson product moment correlation.
Hasil penelitian menujukan bahwa (1) perhatian orang tua pada peserta
didik dikategorikan rendah, (2) kedisiplinan belajar peserta didik pada peserta
didik dikategorikan rendah, (3) terdapat hubungan yang sangat signifikan antara
perhatian orang tua dengan kedisiplinan belajar peserta didik di TPA Mushalla Al
Hikmah Padusunan Kota Pariaman. Selanjutnya saran peneliti berikan adalah
kepada orang tua diharapkan dapat memperhatikan proses belajar anak mulai dari
rumah mulai komunikasi yang baik dan perhatian terhadap kebutuhan belajar di
rumah. Kemudian diharapkan juga kepada peserta didik agar lebih meningkatkan
kedisiplinan belajar atas kemauan dan motivasi diri sendiri bukan tergantung
dorongan orang tua dan pendidik. Dan diharapkan kepada pengurus dan pendidik
agar memberikan pembelajaran yang lebih menarik dengan metode terbaru
sehingga peserta didik rajin mengikuti kegiatan proses pembelajaran
Actions (login required)
![View Item View Item](/style/images/action_view.png) |
View Item |