Taufik, Hanifah Aaliyah
(2024)
Hubungan Antara Strategi Pembelajaran dengan Partisipasi Anggota Mengikuti Pelatihan Budidaya Jamur Tiram di Kelompok Tani
Raso Kota Payakumbuh.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Pendidikan adalah kepentingan awal manusia yang berguna untuk
memperbaiki kualitas hidup, pencapaian mutu hidup yang semakin maju, dan
sejahtera. Pendidikan juga merupakan upaya yang dilakukan oleh pemerintah
ataupun masyarakat dalam rangka meningkatkan sumber daya manusia, strategi
pembelajaran menempati peran yang penting dalam pembelajaran disamping
kemahiran instruktur dalam mengelolanya ketika pelatihan. Dapat dikatakan peran
strategi pembelajaran dalam proses pembelajaran menjadi lebih menarik atau tidak
monoton disampaikan satu arah oleh instruktur dan membuat kelas menjadi terarah,
dalam artian keputusan-keputusan diambil berdasarkan pertimbangan serta
pembelajaran menjadi lebih atraktif dan terencana dan anggota tidak mudah bosan
pada saat pelatihan Suatu partisipasi dapat diekspresikan melalui suatu pernyataan
yang menunjukkan menyukai suatu hal lainnya dan dapat pula dimanifestasikan
melalui partisipasi dalam suatu aktivitas. Partisipasi terhadap subyek tertentu
cenderung untuk memberikan perhatian yang lebih besar terhadap subjek tersebut.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan strategi pembelajaran
korelasional. Adapun populasi dari penelitian ini adalah 26 dengan sampel 26
responden. Instrumen utama dalam penelitian adalah kuesioner. Teknik analisis data
menggunakan rumus presentasi dan korelasi rumus Sprearman Rho.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Strategi pembelajaran pada
anggota pelatihan budidaya jamur tiram tergolong rendah; 2) Partipasi anggota
pelatihan budidaya jamur tiram tergolong rendah; 3) terdapat hubungan yang
signifikan antara strategi pembelajaran dengan partisipasi anggota dalam pelatihan
budidaya jamur tram kelompok Tani Raso Kota Payakumbuh.
Actions (login required)
|
View Item |