Eksplorasi Pertanyaan Guru dan Respon Siswa pada Interaksi Kelas Bahasa Inggris.

Gustri, Fadila Meisyani (2024) Eksplorasi Pertanyaan Guru dan Respon Siswa pada Interaksi Kelas Bahasa Inggris. Masters thesis, Pasca Sarjana.

[img]
Preview
Text
B1_7_02_MEISYANI GUSTRI_FADILA_22178014_2296_2024.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi bagaimana pertanyaan guru dan bagaimana siswa menanggapi pertanyaan tersebut selama interaksi kelas dalam mata pelajaran bahasa Inggris. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif sebagai desain penelitian dan terdapat enam guru bahasa Inggris sebagai partisipan di Kabupaten Lengayang, Sumatera Barat. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan penelitian menggunakan lembar data sebagai instrumen. Kemudian data dianalisis berdasarkan teori Sidnell (2013). Hasil data yang disajikan adalah sebagian besar guru mengajukan pertanyaan melalui dua bahasa (Inggris dan Indonesia). Kemudian sebagian besar guru mengajukan pertanyaan dalam bahasa Inggris dan Indonesia dengan pertanyaan dalam bentuk konten. Kedua bahasa tersebut terfokus pada topik pelajaran. Agenda topik dan preferensi jawaban merupakan aspek yang paling sering digunakan guru saat bertanya. Selain itu, sebagian besar siswa merespons dengan baik pertanyaan guru. Dalam menanggapi pertanyaan berbentuk konten, sebagian besar siswa menjawab dengan menggunakan tanggapan frase untuk pertanyaan guru dalam dua bahasa tersebut. Dalam menjawab pertanyaan polar, khususnya bahasa Inggris, sebagian besar siswa menjawab melalui type-conforming respon sedangkan di Indonesia, mereka menjawab melalui respon bahasa lain tentunya bahasa Indonesia. Singkatnya, interaksi antara guru dan siswa melalui bertanya – merespons sangatlah penting agar dapat menyampaikan pengetahuan pelajaran yang dapat dipahami.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorHamzah, HamzahUNSPECIFIED
CorrectorAmri, ZulUNSPECIFIED
CorrectorArdi, HavidUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: INTERAKSI KELAS, GURU, SISWA
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
P Language and Literature > PE English
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Inggris-S2
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 10 Jun 2024 06:16
Last Modified: 10 Jun 2024 06:16
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/52419

Actions (login required)

View Item View Item