Perbandingan Penambahan Zat Aditif Minyak Serai Wangi dan Minyak Cengkeh Terhadap Konsumsi Bahan Bakar, Torsi dan Emisi Gas Buang Sepeda Motor Honda Beat FI 2019

Sulaiman, Agung (2023) Perbandingan Penambahan Zat Aditif Minyak Serai Wangi dan Minyak Cengkeh Terhadap Konsumsi Bahan Bakar, Torsi dan Emisi Gas Buang Sepeda Motor Honda Beat FI 2019. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_9_AGUNG_SULAIMAN_19073002_904_2024.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini membahas tentang perbandingan penambahan zat aditif minyak serai wangi dan minyak cengkeh terhadap konsumsi bahan bakar, torsi dan emisi gas buang yang dihasilkan oleh sepeda motor Honda Beat FI tahun 2019. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui perbedaan penambahan zat aditif minyak serai wangi dan minyak cengkeh terhadap konsumsi bahan bakar, torsi dan emisi gas buang yang dihasilkan oleh objek penelitian. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Objek penelitian ini adalah sepeda motor Honda Beat FI tahun 2019. Jenis penelitian ini ialah penelitian kuantitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode eksperimen. Dalam penelitian ini digunakan metode eksperimen untuk melihat perbandingan penambahan pencampuran zat aditif minyak serai wangi, minyak cengkeh terhadap konsumsi bahan bakar, torsi dan emisi gas buang sepeda motor Honda Beat FI 2019. Dengan penambahan minyak serai wangi (citronella oil) dengan komposisi 10% dalam 200 ml bahan bakar minyak Pertalite dapat menghemat bahan bakar, meningkatkan daya, dan meningkatkan torsi secara optimal dibandingkan dengan persentase lain nya . Pada konsumsi bahan bakar minyak dengan penambahan minyak serai wangi 10% dapat menghemat bahan bakar sebanyak 10,75% dengan menghabiskan bahan bakar minyak sebanyak 44,92 km/liter, dapat meningkatkan torsi sebanyak 9,74% dengan torsi yang dihasilkan sebesar 8,62 Nm dapat menurunkan kandungan karbon monoksida sebanyak 38,9% dengan menghasilkan kandungan karbon monoksida sebesar 0,59%, menghasilkan HC sebesar 153,67 ppm dengan penurunan HC sebesar (60,73%).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMilana, MilanaUNSPECIFIED
CorrectorHidayat, NuzulUNSPECIFIED
CorrectorSugiarto, TotoUNSPECIFIED
Subjects: T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif - S1
Depositing User: mrs Ridha Prima Adri
Date Deposited: 07 Jun 2024 08:07
Last Modified: 07 Jun 2024 08:07
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/52407

Actions (login required)

View Item View Item