Pengembangan E-LKPD Berbasis CTL pada Mata Pelajaran IPA Kelas VII di SMP

Sari, Sri Mayang (2024) Pengembangan E-LKPD Berbasis CTL pada Mata Pelajaran IPA Kelas VII di SMP. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_3_SRI_MAYANG_SARI_19004029_739_2024.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh beberapa fakta yang ditemukan di lapangan. Siswa sulit memahami materi pembelajaran disebabkan bahan ajar yang digunakan guru selama kegiatan pembelajaran terbatas. Siswa belajar hanya menggunakan bahan ajar berupa buku cetak yang sulit dipahami. Sajian materi dalam bahan ajar kurang variatif, ilustrasi, gambar masih terlihat minim. Bahan ajar berbentuk buku teks membuat siswa hanya terpaku pada buku saja. Hal tersebut menyebabkan informasi yang didapatkan oleh siswa menjadi terbatas, sehingga membuat siswa jenuh dan kurang bersemangat dalam mengikuti pembelajaran. Perlu adanya pengembangan bahan ajar yang menarik dan mudah diperoleh peserta didik yaitu bahan ajar berbasis teknologi yang mudah diakses peserta didik berupa E-LKPD. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses, validitas, praktikalitas dan efektivitas pengembangan bahan ajar E-LKPD pada mata pelajaran IPA kelas VII di SMP. Jenis pengembangan ini adalah Research & Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE. Model ADDIE terdiri dari 5 tahap, yaitu analisis, perancangan, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Uji validasi produk dilakukan oleh tiga validator dengan dua validator media dari Dosen Departemen Kurikulum dan Teknologi Pendidikan dan satu orang validator materi dari Guru IPA kelas VII SMP N 1 Sutera. Sedangkan uji praktikalitas produk dilakukan dengan siswa kelas VII di SMP N 1 Sutera. Hasil validasi produk dari validator media I memperoleh hasil “sangat valid” dengan rata-rata 4,81 dan dari validator media II memperoleh hasil “sangat valid” dengan rata-rata 4,45. Hasil uji validasi materi oleh validator materi memperoleh hasil “sangat valid” dengan rata-rata 4,21. Sedangkan hasil uji coba praktikalitas diperoleh hasil “sangat praktis” dengan perolehan rata-rata 4,82. Uji efektivitas yang telah dilakukan menunjukkan thitung>ttabel sehingga menunjukkan perbedaan yang signifikan terhadap hasil pretest dan posttest. Hal tersebut menunjukkan bahwa produk bahan ajar E-LKPD ini efektif dan dapat digunakan. Secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa bahan ajar E-LKPD yang dikembangkan layak dan efektif digunakan pada mata pelajaran IPA kelas VII di SMP.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorDarmansyah, DarmansyahUNSPECIFIED
CorrectorYeni J, FetriUNSPECIFIED
CorrectorYusri, Meldi Ade KurniaUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 10 Jun 2024 01:15
Last Modified: 10 Jun 2024 02:52
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/52400

Actions (login required)

View Item View Item