Sari, Sri Mayang
(2024)
Pengembangan E-LKPD Berbasis CTL pada Mata Pelajaran IPA Kelas VII di SMP.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh beberapa fakta yang ditemukan di
lapangan. Siswa sulit memahami materi pembelajaran disebabkan bahan ajar yang
digunakan guru selama kegiatan pembelajaran terbatas. Siswa belajar hanya
menggunakan bahan ajar berupa buku cetak yang sulit dipahami. Sajian materi
dalam bahan ajar kurang variatif, ilustrasi, gambar masih terlihat minim. Bahan ajar
berbentuk buku teks membuat siswa hanya terpaku pada buku saja. Hal tersebut
menyebabkan informasi yang didapatkan oleh siswa menjadi terbatas, sehingga
membuat siswa jenuh dan kurang bersemangat dalam mengikuti pembelajaran.
Perlu adanya pengembangan bahan ajar yang menarik dan mudah diperoleh peserta
didik yaitu bahan ajar berbasis teknologi yang mudah diakses peserta didik berupa
E-LKPD. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses, validitas,
praktikalitas dan efektivitas pengembangan bahan ajar E-LKPD pada mata
pelajaran IPA kelas VII di SMP.
Jenis pengembangan ini adalah Research & Development (R&D) dengan
model pengembangan ADDIE. Model ADDIE terdiri dari 5 tahap, yaitu analisis,
perancangan, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Uji validasi produk
dilakukan oleh tiga validator dengan dua validator media dari Dosen Departemen
Kurikulum dan Teknologi Pendidikan dan satu orang validator materi dari Guru
IPA kelas VII SMP N 1 Sutera. Sedangkan uji praktikalitas produk dilakukan
dengan siswa kelas VII di SMP N 1 Sutera.
Hasil validasi produk dari validator media I memperoleh hasil “sangat valid”
dengan rata-rata 4,81 dan dari validator media II memperoleh hasil “sangat valid”
dengan rata-rata 4,45. Hasil uji validasi materi oleh validator materi memperoleh
hasil “sangat valid” dengan rata-rata 4,21. Sedangkan hasil uji coba praktikalitas
diperoleh hasil “sangat praktis” dengan perolehan rata-rata 4,82. Uji efektivitas
yang telah dilakukan menunjukkan thitung>ttabel sehingga menunjukkan perbedaan
yang signifikan terhadap hasil pretest dan posttest. Hal tersebut menunjukkan
bahwa produk bahan ajar E-LKPD ini efektif dan dapat digunakan. Secara
keseluruhan dapat disimpulkan bahwa bahan ajar E-LKPD yang dikembangkan
layak dan efektif digunakan pada mata pelajaran IPA kelas VII di SMP.
Actions (login required)
|
View Item |