Maifajri, Resi
(2024)
Efektivitas Media Video Tutorial dalam Meningkatkan Keterampilan Menyetrika Pakaian Seragam Sekolah bagi Anak Disabilitas Intelektual Ringan.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi dengan permasalahan anak disabilitas
intelektual ringan kelas VII di SLB Muhammadiyah Pauh IX Padang yang
mengalami permasalahan pada keterampilan menyetrika pakaian seragam sekolah
terutama pada kerapian dalam anak dalam menyetrika baju kemeja putih.
Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan efektivitas media video tutorial dalam
meningkatkan keterampilan menyetrika pakaian seragam sekolah bagi anak
disabilitas intelektual ringan.
Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian
ekpresimen dengan pendekatan Single Subject Research (SSR) dengan desain
berbentuk A-B-A. Subjek dalam penelitian ini adalah anak disabilitas intelektual
ringan kelas VII di SLB Muhammadiyah Pauh IX Padang. Pengumpulan data
dilakukan dengan teknik observasi langsung dan tes perbuatan menggunakan alat
pengumpulan data berupa instrument tes perbuatan. Kemudian data dianalisis
dengan teknik analisis visual grafik.
Hasil analisis data dalam penelitian ini dilakukan sebanyak 14 kali
pengamatan. Pada kondisi baseline (A1) diperoleh kenderungan stabilitas pada
rentang stabilitas 3,75, mean level 25, batas atas 26,875, batas bawah 23,125 dan
persentase stabilitas 100%. Pada kondisi intervensi (B) diperoleh rentang stabilitas
12,75, mean level 73,33, batas atas 79,705, batas bawah 66,955 dan persentase
stabilitas 16,66%. Kemudian pada kondisi baseline (A2) rentang stabilitas 13,5,
mean level 87,75, batas atas 94,25, batas bawah 80,75 dan persentase stabilitas
75%. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa media video tutorial ini
efektif digunakan dalam meningkatkan keterampilan menyetrika pakaian seragam
sekolah bagi anak disabilitas intelektual ringan.
Actions (login required)
![View Item View Item](/style/images/action_view.png) |
View Item |