Efektivitas Media Kincir Pelangi Dalam Meningkatkan Kemampuan Mengenal Bilangan 1-10 Pada Anak Tunagrahita Ringan Kelas IV di SLB Insan Mulia

Pragesti, Nining (2024) Efektivitas Media Kincir Pelangi Dalam Meningkatkan Kemampuan Mengenal Bilangan 1-10 Pada Anak Tunagrahita Ringan Kelas IV di SLB Insan Mulia. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_2_NINING_PRAGESTI_20003082_921_2024.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan seorang siswa tunagrahita ringan yang belum mampu mengenal bilangan 1-10 padahal siswa sudah berada di kelas IV SLB. Berdasarkan permalahan yang ditemukan, siswa perlu diberikan media untuk meningkatkan kemampuan mengenal bilangan sekaligus untuk meningkatkan motivasi belajar pada siswa. Media kincir pelangi adalah salah satu alat permainan edukatif yang dapat digunakan untuk membantu mengenal lambang bilangan pada anak. Kincir pelangi merupakan suatu perantara atau sarana yang digunakan sebagai alat bantu dalam proses belajar mengajar antara guru dan peserta didik, kincir pelangi dibuat agar menunjang pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan mengenal bilangan siswa tunagrahita ringan di kelas IV SLB Insan Mulia Kota Payakumbuh setelah menggunakan media kincir pelangi. Jenis penelitian ini dalam bentuk Single Subject Research (SSR) dengan desain A-B-A. pada kondisi baseline (A1) dilaksanakan pengamatan sebanyak 4 kali pertemuan, kondisi intervensi (B) sebanyak 9 kali pertemuan, dan kondisi baseline (A2) sebanyak 4 kali pertemuan. Pengamatan data dilakukan dilakukan dengan teknik tes perbuatan dengan menggunakan alat pengumpulandata berupa instrument tes perbuatan dalam bentuk daftar checklist. Kemudian data analisis dengan teknik visual grafik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada kondisi baseline (A1) diperoleh hasil 30%, 30%, 30%, 30%. Pada kondisi intervensi (B) diperoleh hasil 40%, 50%,60%,70%, 80%, 80%, 90%, 90%, 90%. Sedangkan pada kondisi baseline (A2) diperoleh hasil 85%, 90%, 90%, 90%. Berdasarkan analisis data, Hasil penelitian menunjukkan kemampuan mengenal bilangan 1-10 pada siswa tunagrahita ringan meningkat setelah menggunakan media kincir pelangi. Jadi dapat diambil kesimpulan bahwa media kincir pelangi efektif digunakan untuk meningkatkan kemampuan mengenal bilangan 1-10 pada anak tunagrahita ringan di kelas IV SLB Insan Mulia

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorBudi, SetiaUNSPECIFIED
CorrectorZulmiyetri, ZulmiyetriUNSPECIFIED
CorrectorArdisal, ArdisalUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 07 Jun 2024 01:58
Last Modified: 07 Jun 2024 01:58
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/52391

Actions (login required)

View Item View Item