Pengaruh Penggunaan Model Role Playing Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Prinsip dan Praktik Ekonomi Islam Kelas XI di SMAN 1 Ulakan Tapakis.

Aisyah, Ramayni (2023) Pengaruh Penggunaan Model Role Playing Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Prinsip dan Praktik Ekonomi Islam Kelas XI di SMAN 1 Ulakan Tapakis. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_7_RAMAYNI_AISYAH_19329040_1295_2024.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Pendidikan Agama Islam memegang peranan penting dalam membangun generasi bangsa yang berakhlak mulia. Namun kenyataannya, hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI sangat rendah. Sehingga diperlukan penggunaan model pembelajaran yang tepat dan baik oleh guru dalam proses pembelajaran di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh model Role Playing Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Prinsip Dan Praktik Ekonomi Islam Kelas XI Di SMAN 1 Ulakan Tapakis. Metode penelitian kuantitatif menggunakan jenis penelitian quasi eksperimen. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket dan tes hasil belajar siswa. Hasil validitas soal pada penelitian ini menunjukkan 16 soal valid dari 25 soal yang diujicobakan. Reabilitas soal menggunakan Cronbach alpha diperoleh nilai 0,779<0,789 yang berarti soal memiliki reabilitas tinggi. Sebelum pengujian hipotesis, dilakukan uji mormalitas, uji homogenitas, uji linearitas dan uji regresi linear sederhana. Pada uji normalitas kelas eksperimen diperoleh nilai sig 0,151>0,05 dan pada kelas kontrol diperoleh nilai sig 0,200>0,05. Pada uji homogenitas diperoleh nilai sig Fhitung<Ftabel yaitu 2,015<4,012. Pada uji linearitas diperoleh nilai sig 0.486 > 0,05. Sedangkan pada uji regresi linear sederhana diperoleh nilai sig 0,018 < 0,05. Adapun data pada penelitan ini dianalisis dengan menggunakan uji independent simple T-test. Hasil penelitan menunjukkan: 1) pelaksanaan model pembelajaran Role Playing berada pada angka 79,01% dalam kategori tertinggi; 2) Hasil belajar siswa kelas eksperimen berada pada kategori sangat tinggi diketahui dalam interval 98-103 memiliki frekuensi terbanyak dengan 17 siswa atau 51,52%. 3) Hasil pengujian hipotesis diperoleh Thitung = -27.646 > Ttabel = -15937. Sehingga dapat dinyatakan bahwa terdapat pengaruh signifikan antra model Role Playing terhadap hasil belajar siswa pada materi Prinsip dan Praktik Ekonomi Islam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMuliati, IndahUNSPECIFIED
CorrectorSulaiman, SulaimanUNSPECIFIED
CorrectorRahman, RiniUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: MODEL ROLE PLAYING
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Agama Islam-S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 07 Jun 2024 01:13
Last Modified: 10 Jun 2024 02:52
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/52387

Actions (login required)

View Item View Item