Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Two Stay Two Stray (TSTS) Berbantuan Media Interaktif Berbasis STEM terhadap Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Indera di SMA Negeri 2 Kerinci.

Sepriyani, Eria Marina (2024) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Two Stay Two Stray (TSTS) Berbantuan Media Interaktif Berbasis STEM terhadap Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Indera di SMA Negeri 2 Kerinci. Masters thesis, Pasca Sarjana.

[img]
Preview
Text
B1_7_03_ERIA_MARINA_SEPRIYANI_20177006_347_2024.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Hasil belajar dan keaktifan pembelajaran siswa pada mata pelajaran Biologi masih tergolong rendah dibawah dari nilai KKM. Hal ini disebabkan pembelajaran belum terpusat pada siswa dan kurang memberikan ruang partisipasi aktif siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Two Stay Two Stray (TSTS) terhadap hasil belajar biologi kelas VIII SMP Negeri 4 Kerinci. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Two Stay Two Stray (TSTS) Berbantuan Media Interaktif Berbasis Stem terhadap Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Sistem Indera di SMA Negeri 2 Kerinci. Jenis penelitian ini adalah penelitian penelitian kuantitatif dengan pendekatan quasy experiment. Penelitian ini terdiri dari dua kelas yakni kelas kontrol dan kelas eksperimen. Pada kelas eksperimen diberikan perlakuan model pembelajaran TSTS Berbantuan Media Interaktif Berbasis STEM dan kelas kontrol menggunakan pendekatan saintifik. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas XI SMA Negeri 2 Kerinci Tahun Ajaran 2021/2022 yang berjumlah 87 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dalam hal ini penelitian dilakukan pada siswa SMA Negeri 2 Kerinci Kelas XI MIPA. Teknik pengumpulan data menggunakan tes hasil belajar dan lembar observasi. Teknik analisis data menggunakan uji T-test dengan menggunakan sofware SPSS versi 24. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa (1) Model pembelajaran TSTS berbantuan media interaktif berbasis STEM berpengaruh secara signifikan terhadap berpikir kritis siswa SMA Negeri 2 Kerinci di Kelas XI MIPA. Hasil persentase hasil tes berpikir kritis siswa pada kelas ekspeimen di kategorikan sangat baik sedangkan berpikir kritis pada kelas kontrol dikategorikan baik. (2). Model pembelajaran TSTS berbantuan media interaktif berbasis STEM berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar siswa SMA Negeri 2 Kerinci di Kelas XI MIPA. Hasil belajar rata-rata baik dari aspek kognitif, afektif maupun psikomotor siswa pada kelas ekspeimen mencapai KKM sedangkan hasil belajar rata-rata siswa pada kelas kontrol sebaliknya belum mencapai KKM.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorLufri, LufriUNSPECIFIED
CorrectorAhda, YuniUNSPECIFIED
CorrectorIrdawati, IrdawatiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: MEDIA INTERAKTIF, MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF, HASIL BELAJAR SISWA
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi-S2
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 06 Jun 2024 06:32
Last Modified: 06 Jun 2024 06:32
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/52375

Actions (login required)

View Item View Item