Opina, Ayu
(2024)
Pembuatan E-Modul Fisika Strategi Pembelajaran
Kontekstual REACT pada Materi Pemanasan Global Kelas
XI SMA/MA.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Perkembangan teknologi menyebabkan terjadinya perubahan pada
kepribadian dan kebiasaan masyarakat. Perkembangan teknologi akan
mempengaruhi dunia pendidikan dari sisi kelembagaan, materi, guru, metode,
sarana prasarana dan lain sebagainya. Hal tersebut menjadi tantangan yang harus
dijawab oleh dunia pendidikan. Dalam Kurikulum 2013, pembelajaran adalah
proses belajar interaktif dimana peserta didik tidak hanya berinteraksi dengan
pendidik tapi juga dengan sumber belajar, sarana prasarana berupa teknologi, dan
lingkungan. Sebagaimana orientasi pengembangan kurikulum 2013 dimana
pembelajaran dituntut mampu menyeimbangkan tiga kompetensi peserta didik
diantaranya kompetensi sikap, keterampilan, dan pengetahuan, di samping cara
belajar yang holistik dan menyenangkan. Untuk mendukung proses pembelajaran
dibutuhkan bahan ajar berupa e-modul. Penelitian ini bertujuan untuk
menghasilkan produk berupa e-modul fisika pada materi pemanasan global kelas
XI SMA.
Penelitian ini termasuk kedalam penelitian research and develompment
dengan model penelitian pengembangan Plomp. Penelitian ini dibatasi sampai
tahap expert review. Pada tahap pertama yaitu penelitian pendahuluan diperoleh
data awal berupa analisis kebutuhan dari pelaksanaan wawancara terhadap guru
dan pembagian angket kepada siswa SMAN 1 Padang, SMAN 7 Padang dan
SMAN 11 Padang serta analisis kurikulum pada KD 3.12 yaitu pada materi
Pemanasan Global. Pada tahap kedua yaitu tahap expert review, e-modul divalidasi
oleh tenaga ahli yaitu oleh 5 orang dosen Fisika FMIPA UNP. Instrumen
pengumpulan data pada penelitian ini yaitu angket wawancara dan validasi.
Hasil analisis data didapatkan e-modul fisika strategi pembelajaran
kontekstual REACT pada materi Pemanasan global sangat valid. Produk divalidasi
oleh lima orang tenaga ahli dengan lembar uji validitas yang terdiri dari tiga
komponen penilaian. Komponen pertama yaitu aspek materi dan bahasa dengan
nilai rata-rata 0,89 kategori sangat valid. Komponen kedua yaitu karakteristik emodul
dengan nilai rata-rata 0,91 kategori sangat valid. Komponen ketiga yaitu
strategi pembelajaran kontekstual REACT dengan nilai rata-rata 0,81 kategori
valid. Jadi, dari hasil rata-rata dari ketiga komponen ini yaitu 0,88 pada kategori
sangat valid. Dapat disimpulkan bahwa penelitian ini menghasilkan e-modul fisika
deangan strategi pembelajaran kontekstual REACT pada Materi pemanasan global
yang sangat valid.
Actions (login required)
|
View Item |