Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Lectora Inspire pada Materi Volume Bangun Ruang di Kelas V Sekolah Dasar

Zahira, Suci (2024) Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Lectora Inspire pada Materi Volume Bangun Ruang di Kelas V Sekolah Dasar. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_6_SUCI_ZAHIRA_18129316_469_2024.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Perkembangan teknologi yang semakin pesat terutama dalam bidang pendidikan dapat dimanfaatkan dalam proses pembelajaran. Penelitian ini dilatarbelakangi karena kurang variatifnya penggunaan media pembelajaran yang digunakan oleh guru sehingga dapat menyebabkan peserta didik kurang aktif dan merasa bosan dalam proses pembelajaran. Media pembelajaran yang digunakan oleh guru berupa benda konkret dan buku paket yang ada di dalam kelas saja. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan multimedia interaktif berbasis Lectora Inspire pada materi volume bangun ruang di kelas V Sekolah Dasar yang valid dan praktis. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian pengembangan (R&D) dengan model pengembangan ADDIE. Model pengembangan ADDIE ini terdiri dari lima tahap yaitu analisis (analyis), rancangan (design), pengembangan (development), penerapan (implementation), dan evaluasi (evaluation). Data yang diperoleh berdasarkan dari lembar validasi media, materi, dan bahasa serta angket praktikalitas guru dan peserta didik. Subjek penelitian ini adalah 13 orang peserta didik di kelas V SDN 39 Talang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan multimedia interaktif berbasis Lectora Inspire mendapatkan hasil validasi media 91% dengan kategori sangat valid, validasi materi 97% dengan kategori sangat valid, dan validasi bahasa 89% dengan kategori sangat valid. Hasil uji praktikalitas memperoleh persentase 96% untuk angket respon guru dan 94% untuk angket respon peserta didik dengan masing-masing kategori sangat praktis. Dengan demikian, multimedia interaktif berbasis Lectora Inspire pada materi volume bangun ruang di kelas V Sekolah Dasar dinyatakan valid dan praktis untuk digunakan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAhmad, SyafriUNSPECIFIED
CorrectorMasnilade, MasniladeUNSPECIFIED
CorrectorFitria, YantiUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 06 Jun 2024 01:46
Last Modified: 06 Jun 2024 01:46
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/52357

Actions (login required)

View Item View Item