Zahira, Suci
(2024)
Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Lectora Inspire pada Materi Volume Bangun Ruang di Kelas V Sekolah Dasar.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Perkembangan teknologi yang semakin pesat terutama dalam bidang
pendidikan dapat dimanfaatkan dalam proses pembelajaran. Penelitian ini
dilatarbelakangi karena kurang variatifnya penggunaan media pembelajaran yang
digunakan oleh guru sehingga dapat menyebabkan peserta didik kurang aktif dan
merasa bosan dalam proses pembelajaran. Media pembelajaran yang digunakan
oleh guru berupa benda konkret dan buku paket yang ada di dalam kelas saja.
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan multimedia interaktif berbasis
Lectora Inspire pada materi volume bangun ruang di kelas V Sekolah Dasar yang
valid dan praktis.
Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian pengembangan (R&D)
dengan model pengembangan ADDIE. Model pengembangan ADDIE ini terdiri
dari lima tahap yaitu analisis (analyis), rancangan (design), pengembangan
(development), penerapan (implementation), dan evaluasi (evaluation). Data yang
diperoleh berdasarkan dari lembar validasi media, materi, dan bahasa serta angket
praktikalitas guru dan peserta didik. Subjek penelitian ini adalah 13 orang peserta
didik di kelas V SDN 39 Talang.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan multimedia interaktif
berbasis Lectora Inspire mendapatkan hasil validasi media 91% dengan kategori
sangat valid, validasi materi 97% dengan kategori sangat valid, dan validasi
bahasa 89% dengan kategori sangat valid. Hasil uji praktikalitas memperoleh
persentase 96% untuk angket respon guru dan 94% untuk angket respon peserta
didik dengan masing-masing kategori sangat praktis. Dengan demikian,
multimedia interaktif berbasis Lectora Inspire pada materi volume bangun ruang
di kelas V Sekolah Dasar dinyatakan valid dan praktis untuk digunakan dalam
proses pembelajaran.
Actions (login required)
|
View Item |