Penggunaan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Penyajian data di Kelas V SDN 03Batu-Banyak Kabupaten Solok

Rosa, Rosa (2024) Penggunaan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Penyajian data di Kelas V SDN 03Batu-Banyak Kabupaten Solok. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_6_ROSA_18129160_411_2024.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian pada pembelajaran penyajian data dalam bentuk daftar,tabel dikelas V ini dilatar belakangi oleh ,pada saat pelaksanaan pembelajaran guru belum melibatkan siswa dalam menyelesaikan masalah dan mengenalkan kepada masalah yang nyata dalam kehidupan sehari,hari siswa ,akibatnya siswa belum terbiasa menyelesaikan masalalah yang diberikan guru. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penggunaan model Problem Based Learning untuk meningkatkan hasil belajar penyajian data di kelas V. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Dilaksanakan dalam dua siklus, dimana siklus I terdiri dari 2x pertemuan dan siklus II terdiri dari 1x pertemuan. Di setiap siklus tersebut meliputi empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan peserta didik kelas IV sebanyak 24 orang. Data dari penelitian diperoleh dari penilaian Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, proses pelaksanaan, dan hasil belajar. Teknik pengumpulan data adalah observasi, tes, dan non tes. Hasil penelitian menunjukkan pada siklus I pertemuan 1 pada RPP rata-rata 88,88%(baik),meningkat siklus 1 pertemuan 2 yaitu 91,66% (baik) dan meningkat pada siklus 2 menjadi 97,22% (Sangat baik).Pelaksanaan siklus I pertemuan I pada aktivitas guru rata-rata 78,5% (cukup), meningkat pada siklus I pertemuan II menjadi 85,7% (baik), meningkat pada siklus II menjadi 96,4% (sangat baik). Pelaksanaan siklus I pertemuan 1 pada aktivitas peserta didik rata-rata 78,5% (cukup), meningkat pada siklus I pertemuan 2 menjadi 85,7% (baik), meningkat pada siklus II menjadi 96,4% (sangat baik). Hasil belajar peserta didik pada siklus I rata-rata 72,21 (C), meningkat pada meningkat pada siklus II menjadi 84,64(B). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar penyajian data di Sekolah Dasar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMasniladevi, MasniladeviUNSPECIFIED
CorrectorFitri, YantiUNSPECIFIED
CorrectorAriani, YettiUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 05 Jun 2024 05:57
Last Modified: 05 Jun 2024 05:57
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/52353

Actions (login required)

View Item View Item